Bicara Uang Pada Anak

By nova.id, Selasa, 30 Oktober 2012 | 01:16 WIB
Bicara Uang Pada Anak (nova.id)

Bicara Uang Pada Anak (nova.id)

"Ilustrasi "

Alasan penting bicara uang pada anak

Jika Anda tak bicara soal uang pada anak, orang lain akan melakukannya suatu ketika dan Anda tak anak mendapat kesan yang utama di mata anak. Uang adalah sumber kekuatan. Seperti halnya seks, ini adalah topik yang provokatif bagi anak untuk dibicarakan. Anak-anak akan sangat tertarik mendengar dari orangtuanya.

Di masa kini, anak-anak perlu mengetahui bagaimana menghadapi dampak  perubahan situasi perekonomian. Mereka perlu  tahu penyebab tertundanya gratifikasi dan pentingnya menahan uang agar dapat selamat secara perekonomian. Kendati Anda tak ingin membicarakan uang dengan mereka, anak-anak juga dapat mendengarnya dari sekolah, lingkungan rumah, televisi dan berita yang ada di sekitar mereka. 

Ketika orangtua teman mereka kehilangan pekerjaan, mengalami gangguan perekonomian, kehilangan rumah dan sebagainya, anak-anak juga akan mendapat isu tentang uang. Anda tak dapat mengucilkan anak dari isu soal uang selamanya, sudah saatnya orangtua  memilih untuk berbicara uang sedini mungkin dengan anak.

Kapan  mulai mengajarkan  uang pada anak 

Orangtua sebaiknya mengajarkan tentang uang pada anak bersamaan dengan ketika orangtua harus mengajarkan anak berbicara "minta tolong, maaf dan terima kasih" . Anak-anak berusia 4 tahun telah dapat mengasosiasikan uang dan mengakumulasinya sebagai konsep abstrak dari tabungan.

Sedangkan saat anak menginjak usia 8 hingga 9 tahun, ajak mereka ikut serta dalam aktivitas membayar tagihan maupun menabung di Bank. Ajak mereka terlibat step-by-step menabung dan melakukan pembayaran sembari beri mereka penjelasan mengapa  Anda harus menabung dan membayar tagihan. Misal, jelaskan jika seseorang perlu menabung untuk rencana pensiun atau dana di hari tua. Beritahu mereka hasil cetakan setelah Anda menabung.

Jika Anda memiliki penasihat keuangan, buat janji untuk sebuah pertemuan tahunan agar anak dapat mengetahui soal perencanaan keuangan dari sang ahli.

Kendati demikian, jangan lupakan jika orangtua adalah Guru yang sangat berpengaruh bagi kehidupan anak. Jadi, beri teladan yang dapat ditiru oleh anak. Anak-anak dapat mengerti dan memahami lebih dari yang Anda kira.  Anak-anak juga lebih terbuka akan ide pengelolaan uang dari yang Anda kira.

Kerapkali orangtua ketakutan membicarakan soal uang pada anak karena mereka terlalu sombong akan kemampuannya mengelola uang.  Beberapa pula berupaya melindungi anak dari kedewasaan yang  terlampau cepat. Namun sebenarnya mereka dapat berlaku seperti apa yang orangtuanya pikirkan. 

Dos and Don'ts dalam mengajar anak tentang uang: