15 Gejala Kanker yang Sering Pria Abaikan

By nova.id, Selasa, 28 Mei 2013 | 12:05 WIB
15 Gejala Kanker yang Sering Pria Abaikan (nova.id)

15 Gejala Kanker yang Sering Pria Abaikan (nova.id)

"Ilustrasi "

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk waspada. Jangan menganggap remeh setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Terutama bagi para pria yang terkenal sangat malas (foot-draggers) untuk pergi ke dokter jika sakit yang dirasakannya tidak cukup mengganggu.

Leonard Lichtenfeld, MD, wakil kepala medis American Cancer Society mengatakan, jika saja semua orang rajin melakukan pemeriksaan secara rutin, tindakan pencegahan dan pengobatan bisa lebih mudah dilakukan.

Berikut ini beberapa gejala spesifik kanker pada pria yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu.

1. Massa Payudara

Meskipun kanker payudara pada pria tak umum, tapi itu sangat mungkin terjadi. "Setiap massa baru di daerah payudara pria perlu diperiksa dokter," kata Lichtenfeld.

Beberapa tanda mengkhawatirkan yang melibatkan payudara laki-laki berdasarkan identifikasi American Cancer Society adalah: kulit dimpling atau berkerut, nipple atau puting retraksi, puting atau kulit kemerahan atau bersisik, dan perubahan pada warna dan bentuk puting.

Jika Anda mengalami perubahan ini, segera periksakan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik (mammogram, biopsi, atau tes lainnya). 

2. Nyeri

Seiring bertambahnya usia, rasa sakit atau nyeri biasanya meningkat. Tapi tidak semua rasa sakit terasa nyata, ada juga yang samar-samar. Ini bisa jadi gejala awal dari beberapa kanker.

3. Perubahan Testis

Kanker testis sering terjadi pada pria berusia 20 - 39 tahun. American Cancer Society merekomendasikan, agar setiap laki-laki melakukan pemeriksaan rutin terkait kanker pada testisnya.