Biaya Berbadan Dua

By nova.id, Senin, 26 November 2012 | 08:40 WIB
Biaya Berbadan Dua (nova.id)

Biaya Berbadan Dua (nova.id)

"Selalu siapkan anggaran melahirkan dengan operasi caesar karena kita tidak tahu kondisinya nanti. (Foto: Getty Images) "

1 Biaya Saat Kehamilan

Saat dokter menyatakan Anda hamil, maka mulailah mempersiapkan biaya-biaya yang akan kita gunakan. Dalam hal ini, ada beberapa pengeluaran yang perlu dimasukkan ke dalam pengeluaran rutin bulanan dan ada beberapa pengeluaran yang dianggarkan untuk keperluan khusus.

a. Tes dan periksa labora­toriumAda beberapa tes yang sangat disarankan dokter untuk dilakukan di awal kehamilan yaitu toksoplasma, hematologi kimia darah, serologi, dan imunologi.

Biaya tes laboratorium ini tidak murah. Jadi sebaiknya Anda bertanya kepada dokter seberapa penting tes ini dengan melihat kondisi kesehatan saat ini. Tanyakan pula, tes yang perlu dan tidak terlalu penting untuk dilakukan.

b. Periksa dokterBiaya dokter, termasuk biaya USG (ultrasonography) dan vitamin harus dimasukkan ke anggaran bulanan saat hamil. Semakin bertambah usia kehamilan, tambahkan pula anggaran biaya ke dokter. Pasalnya, periksa ke dokter yang biasanya dilakukan sekali sebulan akan meningkat menjadi dua kali sebulan. Bahkan menjadi setiap minggu setelah mendekati waktu kelahiran.

c. SyukuranTidak semua keluarga memiliki kebiasaan mengadakan syukuran. Tapi, ada juga keluarga yang mengadakan syukuran pada bulan kehamilan keempat dan ketujuh. Sebaiknya, tanyakan juga kepada orangtua apakah syukuran ini perlu diadakan.

d. Hal-hal lainPersiapan baju hamil, sepatu yang lebih nyaman, buku dan majalah mengenai kehamilan dan proses melahirkan, serta senam kehamilan makin dibutuhkan saat usia kehamilan semakin bertambah. Jangan lupa, hal sekecil celana dalam khusus hamil hingga bra khusus pun harus memiliki angggaran. Nah, di usia kehamilan tujuh bulan, perlengkapan bayi juga terkadang sudah perlu disiapkan.

Jangan Lupa Diri

Biasanya, calon orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, terutama anak pertama. Akan tetapi, Anda berdua harus bersikap bijak dalam mengelola pengeluaran. Jangan sampai ''lupa diri'' dan menuruti keinginan untuk membeli semua persiapan. Ingatlah, selalu melihat kemampuan finansial. Bukan hanya untuk saat ini, tetapi kebutuhan anak di masa depan.

2 Biaya melahirkan

Mempersiapkan biaya melahirkan sebaiknya dimulai sejak hamil pada bulan pertama. Pilihan dokter akan berpengaruh pada rumah sakit yang dipilih sebagai tempat melahirkan nantinya dan biaya yang harus disiapkan.