Olahraga Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

By nova.id, Selasa, 30 April 2013 | 07:37 WIB
Olahraga Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi (nova.id)

Olahraga Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi (nova.id)

"Ilustrasi "

Pekerjaan Rumah

Pilihlah pekerjaan rumah yang sangat Anda sukai dan lakukan itu selama 30 menit setiap hari. Misalnya saja, berkebun, membersihkan jendela, naik-turun tangga, mengangkat belanjaan, berjalan-jalan di mal, atau naik sepeda dengan anak-anak. Lakukan hal-hal itu dengan penuh sukacita.

Fitnes

Beberapa orang merasa lebih mudah fokus berolahraga saat mereka berada di pusat kebugaran. Jika Anda tipe orang demikian, bergabunglah dalam sebuah gym. Ada bonus lebih jika Anda berlatih di gym. Di sana ada pelatih atau instruktur yang dapat mengajarkan Anda bagaimana menggunakan peralatan dengan benar untuk menghindari cedera dan olahraga apa yang tepat untuk Anda.

Latihan Beban

Latihan resistensi dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti dengan angkat bebas, menggunakan alat, atau sekadar sit-up/curl-up. Semuanya itu dapat membantu mengurangi lemak tubuh, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda. 

Renang

Berenang juga bisa menjadi pilihan. Lakukan selama 30 menit untuk mengurangi jumlah adrenalin yang beredar dalam tubuh dan melemaskan pembuluh darah. Kolam juga dapat membantu menurunkan denyut nadi dan tekanan darah rendah.

Olahraga teratur dapat mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi. Olahraga juga dapat mengurangi tekanan darah Anda sebanyak 5 - 15 poin. 

Kegiatan aerobik moderat, seperti jalan cepat selama 30 menit sehari cukup untuk membuat Anda berhenti dari pengobatan atau membantu pengobatan bekerja lebih efektif. 

Yuk, mulai berolahraga!

Ester Sondang