7 Kuman dalam Makanan yang Menyebabkan Penyakit

By nova.id, Rabu, 24 April 2013 | 09:43 WIB
7 Kuman dalam Makanan yang Menyebabkan Penyakit (nova.id)

7 Kuman dalam Makanan yang Menyebabkan Penyakit (nova.id)

"Ilustrasi "

Anda dapat mengurangi risiko kematian dengan mengetahui dan menghancurkan keberadaan kuman-kuman ini. Berikut ini adalah tujuh penyebab umum penyakit yang berhubungan dengan makanan dan cara menghindarinya.  

E Coli

Bakteri Escherichia Coli hidup di usus manusia dan hewan seperti sapi, domba dan kambing. Mereka sering ditemukan dalam makanan seperti daging sapi matang, susu mentah, jus, dan air yang terkontaminasi. Gejala infeksi E Coli termasuk diare berat, sakit perut, dan muntah yang dapat bertahan 5-10 hari.

Untuk menghindari infeksinya, masak daging dengan baik, cuci buah dan sayuran sebelum dimakan atau dimasak, dan hindari susu dan jus nonpasteurisasi. Meskipun sebagian besar E coli relatif tidak berbahaya, strain (jenis) E coli O157:H7 dapat menyebabkan diare berdarah, gagal ginjal, dan bahkan kematian. 

Campylobacter

Campylobacter Jejuni adalah bakteri berbentuk spiral yang tumbuh pada ayam dan sapi dan menginfeksi tanpa tanda penyakit. Kebanyakan orang baru merasakan gejalanya setelah lima hari terpapar bakteri. Yakni, diare, kram, dan nyeri perut.  Diare bisa saja berdarah dan disertai mual dan muntah. Penyakit ini biasanya berlangsung sekitar satu minggu.

Kebanyakan infeksi umumnya ringan, tetapi bakteri bisa berakibat fatal pada anak-anak yang sangat muda, orang tua, dan imunosupresi.Cara mencegah infeksinya dengan memastikan memasak daging secara menyeluruh, cuci tangan sesudah menangani makanan mentah, membersihkan meja dan peralatan dapur setelah digunakan, dan hanya minum susu pasteurisasi. 

Listeria

Listeria Monocytogenes adalah bakteri yang ditemukan di dalam tanah dan air, makanan mentah, makanan olahan, dan susu yang tidak dipasteurisasi. Tidak seperti kuman lain, listeria dapat tumbuh dan menyebar bahkan dalam suhu dingin rata-rata mesin pendingin.

Gejala infeksinya demam dan menggigil, sakit kepala, sakit perut, dan muntah. Orang yang rentan listeriosis adalah perempuan hamil dan janin, orang dewasa di atas usia 50, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Untuk mencegahnya, kulit buah, misalnya melon dan mentimun, harus disikat hingga bersih dan segera bersihkan tumpahan (jus atau air dari daging mentah) di dalam kulkas.