Inilah 6 Kebiasaan Pemicu Sulit Tidur!

By nova.id, Rabu, 24 April 2013 | 06:29 WIB
Inilah 6 Kebiasaan Pemicu Sulit Tidur (nova.id)

Inilah 6 Kebiasaan Pemicu Sulit Tidur (nova.id)

"Ilustrasi "

Bila Anda tetap kesulitan terlelap padahal telah merebahkan diri berlama-lama di tempat tidur, coba simak hal-hal yang dapat menghambat fase tidur, berikut ini!

1. Berendam Air Hangat

Mandi air hangat setelah aktivitas yang menguras tenaga memang selalu terdengar menggiurkan, ya? Memang, sih, temperatur hangat membuat Anda merasa nyaman dan tenang. Akan tetapi bila temperatur itu datang dari dalam tubuh, yang terjadi justru sebaliknya. Temperatur tubuh yang hangat dapat menjauhkan kesiapan tubuh mencapai kondisi tidur.

2. Berolahraga

Ketika berolahraga dapat membuat tubuh lelah dan membuat Anda ingin segera tidur, sebenarnya kegiatan ini meningkatkan detak jantung dan temperatur tubuh yang membuat kondisi badan Anda sulit untuk beristirahat, lho. Jadi, berolahraga sebaiknya dilakukan beberapa jam sebelum waktu tidur Anda.

3. Terlalu Banyak Minum

Jika Anda memang memiliki masalah dengan tidur, hal yang harus dikurangi sebelum tidur adalah minum. Bahkan susu hangat yang konon dapat membuat kantuk pun sebaiknya dihindari. Pasalnya, terlalu banyak air yang masuk ketika Anda hendak tidur mengakibatkan waktu beristirahat Anda dapat terganggu karena keinginan buang air kecil. Untuk yang memiliki gangguan tidur, terbangun di sela tidur mengakibatnya sulitnya masuk ke fase tidur kembali. Maka dua jam sebelum tidur, kurangi minuman yang tak terlalu perlu, khususnya yang mengandung kafein.

4. TV, Tablet, dan HP

Kebiasaan tidur dengan TV menyala membuat kemampuan tubuh memproduksi melatonin (hormon penting untuk tidur) berkurang, karena cahaya yang keluar dari layarnya. Hal ini juga terjadi apabila Anda terbiasa memainkan tablet atau handphone di kasur sebelum tidur. Alih-alih berselancar internet, lebih baik matikan layar-layar elektronik Anda dan coba dengarkan lagu yang menenangkan atau membaca buku satu jam sebelum waktu tidur. Tapi, hati-hati memilih buku yang Anda baca. Jangan juga membaca buku yang begitu menarik dan membuat penasaran hingga Anda tak bisa berhenti membuka tiap lembarnya.

5. Bekerja             

Pekerjaan, bahkan jika Anda hanya memikirkannya sebelum tidur, bisa menghambat waktu tidur karena memberikan stimulasi aktif pada pikiran dan otak. Maka tuntaskan presentasi atau konsep yang akan Anda utarakan esok hari minimal satu jam sebelum tidur dan jangan bawa pikiran tersebut hingga Anda "mendarat" di kasur.