Lindungi Anak dari Menginitis!

By nova.id, Selasa, 19 Februari 2013 | 16:21 WIB
Lindungi Anak dari Menginitis (nova.id)

Lindungi Anak dari Menginitis (nova.id)

""

Bantu dengan Vaksin

Penyakit meningokokus merupakan penyebab utama meningitis bakteri pada remaja dan dewasa muda. Centers for Disease Control atau CDC merekomendasikan vaksin meningokokus bagi semua anak 11 - 18 tahun. Vaksin ini diberikan secara rutin ketika anak berusia 11 atau 12.

Anda tidak bisa mendapatkan meningitis dari kontak biasa, seperti menghirup udara dari hembusan orang yang terinfeksi. Bakteri ini tidak hidup lama di luar tubuh manusia. Tapi Anda bisa mendapatkannya dari kontak dekat atau berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi. Bakteri yang menyebabkan meningitis meningokokus tinggal di belakang hidung dan tenggorokan dan dibawa oleh 10 - 25 persen dari populasinya. Untuk membantu anak mencegahan terserang virus ini, ajarkanlah kepada mereka untuk sadar terhadap kebersihan diri dan menjaga sistem kekebalan tubuhnya.

Kebersihan pribadi yang baik dapat membantu mencegah penyebaran penyakit. Caranya:

Tidak berbagi makanan, gelas, botol air, atau peralatan makan.

Tidak berbagi handuk atau tisu.

Tidak berbagi lip-gloss atau lipstik.

Selalu mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air. Ingat!

Seseorang dengan meningitis bakteri dapat menularkan bakterinya selama meski telah mengkonsumsi antibiotic sekitar 24 jam.

Jika anak Anda bersentuhan dengan temannya yang terkena meningitis, tanyakan kepada dokter apakah ia perlu minum antibiotik. Biasanya, dengan antibiotik selama beberapa hari dapat membantu mencegah anak Anda tertular penyakit ini.

Menjaga sistem kekebalan tubuh membantu mencegah kerentanan terhadap berbagai penyakit. Hal ini juga dapat membantu mencegah infeksi oleh virus dan bakteri yang menyebabkan meningitis. Beberapa cara di antaranya: