Kejujuran Bahasa Tubuh Pasangan

By nova.id, Jumat, 21 Oktober 2011 | 22:54 WIB
Kejujuran Bahasa Tubuh Pasangan (nova.id)

Action speaks louder than words. Bahasa tubuh sering kali lebih jujur ketimbang kata-kata.

Pada dasarnya manusia memang lebih sering mengungkapkan perasaan lewat bahasa tubuh. Menurut penelitian Profesor Birdwhistell, seorang ahli nonverbal perbandingannya adalah 65:35. Artinya kita perlu memahami bahasa tubuh pasangan untuk mengetahui isi hatinya yang paling dalam.

Nah, berikut ini beberapa bahasa tubuh yang penting Anda ketahui maknanya.

Berciuman

* Pertanda baik, bila.

Ciuman yang halus, hangat disertai tatapan mata nan lembut. Meski ciuman berlangsung singkat menandakan dia merasa kangen, senang, bahagia, sayang, ingin dimanja atau diperhatikan. Singkat kata, bahasa tubuh ini positif. Apalagi, kalau kemudian ditambah dengan dekapan atau pelukan serta saling merapatkan bagian dada. Selain mengungkapkan rasa sayang dan kerinduan juga melambangkan jalinan kedekatan. Boleh dibilang, pasangan Anda secara penuh menerima kehadiran Anda.

* Pertanda buruk, bila

Ciuman kaku, tegang, dingin, bahkan terburu-buru. Bisa menandakan adanya keterpaksaan. Pasangan Anda tidak sungguh-sungguh melakukannya. Jadi hanya sebatas "ritual" bukan karena ia membutuhkan. Apalagi kalau tidak ada kontak tubuh seperti pelukan atau dekapan. Ini berarti dia berusaha menjaga jarak atau menghindari kedekatan. Mungkin ada masalah yang tidak Anda sadari sehingga dia menghindari kontak fisik yang intens.

* Sebaiknya Anda.

Tanyakan dengan lembut apa yang menggelayuti pikirannya. Apakah ada masalah (yang berkaitan dengan dirinya, anak, kantor atau Anda). Bisa jadi perkaranya sederhana. Misalnya, pasangan masih ingin berduaan, sementara Anda sudah buru-buru mau ke kantor. Bila memang itu masalahnya, berilah ciuman dan pelukan hangat. Tatapan mata lembut juga dapat menunjukkan bahwa Anda sebenarnya sangat perhatian pada pasangan, menyayangi dan mencintai sepenuh hati.

Lain masalah kalau sikapnya itu disebabkan Anda dianggap berbuat kesalahan. Setelah tahu apa kesalahan Anda, segeralah minta maaf atas kekhilafan itu. Moga-moga saja suasananya bisa segera mencair. Alhasil, Anda dan pasangan pun kembali mesra dan harmonis.

Bercinta