Tidur Siang Berkualitas

By nova.id, Rabu, 13 Februari 2013 | 06:00 WIB
Tidur Siang Berkualitas (nova.id)

Tidur Siang Berkualitas (nova.id)

""

Gaya hidup kita yang super sibuk memang tidak memungkinkan kita untuk tidur siang. Padahal, tidur siang singkat, sekitar 20 - 30 menit, bisa membantu meningkatkan mood, kewaspadaan, dan kinerja.

Tidur siang dibedakan dalam 3 tipe. Yaitu:

Direncanakan atau dipersiapkan

Anda bersiap-siap untuk tidur meskipun belum mengantuk. Anda dapat menggunakan tehnik ini jika Anda tahu harus terjaga di malam hari atau sebagai mekanisme menangkal lelah.

Darurat

Tiba-tiba Anda merasa sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas yang sedang dikerjakan. Misalnya saja, mengantuk atau kelelahan saat sedang mengemudi. Ahli tidur merekomendasikan, jika Anda merasa mengantuk saat berkendara, sebaiknya segera menepi ke area istirahat, minum minuman yang mengandung kafein, dan tidur siang sejenak selama 20 menit.

Kebiasaan

Tidur siang dipraktekkan di waktu yang sama setiap hari. Misalnya, anak kecil yang tidur di waktu yang sama setiap hari atau orang dewasa yang terbiasa tidur sejenak setelah makan siang.

Tips tidur siang yang tepat

Tidur siang yang direkomendasikan sekitar 20 - 30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Tipe tidur siang ini meningkatkan kewaspadaan dan performasi tanpa membuat grogi atau tidur di malam hari.

Pastikan Anda memiliki tempat yang tenang untuk tidur dan suhu ruang yang nyaman.