Depresi: 10 Alternatif Penyembuhan

By nova.id, Jumat, 8 Februari 2013 | 14:41 WIB
Depresi 10 Alternatif Penyembuhan (nova.id)

Depresi 10 Alternatif Penyembuhan (nova.id)

"Ilustrasi "

Aktivitas Rutin

Buat jadwal harian untuk setiap aktivitas Anda dan lakukanlah sesuai dengan jadwal itu. Keteraturan akan membuat hidup Anda bebas stres dan lebih baik.

Tetapkan Tujuan

Ketika Anda depresi, Anda merasa tidak bisa mencapai apapun dan Anda pun merasa buruk karenanya. Doronglah diri Anda untuk menetapkan tujuan pada diri sendiri setiap hari. "Mulailah dari hal-hal yang sangat kecil," kata Ian Cook, MD., Psikiatri dan Direktur The Depression Research and Clinic Program di UCLA. Ketika Anda membuat tujuan, hidup Anda akan lebih menantang.

Olahraga

Olahraga sangat penting bagi penderita depresi untuk meningkatkan senyawa kimia dalam tubuhnya yang disebut endorfin. Senyawa ini mendorong otak untuk melakukan hal-hal yang positif. Lantas, seberapa sering seharusnya Anda berolahraga? Minimal berjalan kaki beberapa kali seminggu, itu sudah sangat membantu.

Makanan Sehat

Tidak ada diet ajaib yang dapat memperbaiki depresi. Depresi cenderung membuat Anda makan berlebihan, jadi kendalikanlah makan Anda. Cook mengatakan, makanan yang mengandung omega 3 (salmon dan tuna) serta asam folat (bayam dan alpukat) dapat membantu meringankan depresi.

Tidur Cukup

Depresi membuat Anda susah tidur. Ubahlah pola tidur Anda. Pergilah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Usahakan tidak tidur siang. Buatlah kamar Anda senyaman mungkin, tidak ada komputer dan TV.

Mengambil Tanggung Jawab.