Menangkal Tempat Kotor

By nova.id, Rabu, 10 Agustus 2011 | 07:01 WIB
Menangkal Tempat Kotor (nova.id)

Menangkal Tempat Kotor (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Antisipasi lebih dini sangat disarankan agar anak terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel di sembilan tempat yang sering didatanginya.

Karpet

Karpet bisa saja menyimpan debu dan kotoran karena dilalui kaki. Jadi usahakan membersihkan karpet Anda minimal dua kali sehari dengan vacuum cleaner dan menjemurnya seminggu sekali di bawah terik matahari. Atau bawa saja ke laundry setiap 6 bulan sekali.

Mainan

Anak-anak dan mainan tak terpisahkan, begitu pula dengan debu di setiap selanya. Yang harus Anda lakukan adalah memisahkan mainan yang masih dipakai dan buang yang tidak layak pakai. Cucilah mainan yang masih dipakai sebulan sekali dan simpan dalam boks jika tidak digunakan. Lap bersih konsol game dan cuci boneka ke laundry setiap dua minggu sekali.

Jika Anda mengajak Si Buyung ke taman bermain umum, ajari ia untuk membuang ingus, bersin, dan batuk dengan menggunakan tisu. Kalau temannya bersin atau batuk, segera tutup hidung dan mulut. Jangan lupa ajak ia mencuci tangan sesudah bermain, ya.

Binatang Peliharaan

Usahakan membersihkan peliharaan setiap tiga kali sehari dan kandangnya setiap hari. Kotoran yang terdapat pada bulu, mulut, dan cakar binatang sangat rentan berpindah ke tubuh anak saat anak mengelus peliharaannya. Oleh karena itu, ajari anak mencuci tangannya setiap kali berinteraksi dengan peliharaannya.

Perlengkapan Sekolah

Untuk mengurangi kotoran di tempat pensil, gunakan pensil mekanik. Lalu, ajak anak untuk membersihkan tas sekolahnya seminggu sekali dan mencucinya minimal sebulan sekali. Ingatkan anak untuk membersihkan kolong meja belajar di sekolah setiap hari. Kelembapan di dalamnya memungkinkan kuman dan kotoran bersarang di sana. Saat anak memakai komputer, minta dia mencuci tangan sebelum dan sesudahnya. Lap komputer dengan kain disinfektan seminggu sekali.

Gorden