Mengenal Bumbu Masakan Indonesia

By nova.id, Sabtu, 19 Maret 2011 | 17:01 WIB
Mengenal Bumbu Masakan Indonesia (nova.id)

* Cengkih: Bentuknya mungil, seperti paku, dan berwarna hitam. Rasanya pedas dan aromanya sangat tajam. Biasa dibubuhkan pada gulai dan kari dari Sumatera, juga kue-kue dari Sulawesi.

* Lengkuas: Rimpangnya digunakan untuk bumbu. Rasanya pedas dan harum, dengan serat yang kasar. Pemakaiannya bisa diparut, ditumbuk, ataupun hanya dimemarkan.

* Kunyit: Selain aromanya yang harum dan bisa menghilangkan anyir ikan, rimpang kunyit digunakan untuk mewarnai masakan, yaitu untuk warna kuning.

* Jahe: Selain beraroma harum, rasanya juga hangat dan pedas. Rasa pedasnya yang membuat rimpang jahe sering dipakai untuk minuman ataupun permen yang

memberi kehangatan. Selain untuk bumbu, rimpang juga bisa dibuat cake atau kue kering dengan cara dibuat bubuk terlebih dahulu.

* Kencur: Untuk memberi keharuman yang khas. Rimpang kencur biasa dipakai dalam karedok.

* Kemiri: Bijinya berbentuk bulat, agak keras, dan berwarna putih kecokelatan.

* Biji Wijen: Biji wijen diambil dari bunganya. Bentuknya lonjong dan pipih. Warnanya kekuning-kuningan, hitam, atau abu-abu. Bijinya biasanya digunakan untuk taburan kue. Tanaman ini bukan asli Indonesia, tapi dari Afrika. Tanaman ini menghasilkan minyak, hingga sering dibuat minyak. Masakan Cina kerap menggunakan minyak wijen sebagai penambah citarasa.

* Biji Pala: Biji pala dilapisi tempurung yang harus dibuka dengan cara dipukul. Biji ini harus dijemur dahulu hinga berwarna cokelat. Biasanya yang digunakan berupa bubuk pala. Selain sebagai penyedap, juga untuk pengharum kue. Kue spekuk biasa menggunakan rempah ini.

* Temu Kunci: rimpangnya sering digunakan pada sayur bening bayam. Daunnya digunakan untuk pengharum masakan.

* Daun Mangkokan: Daunnya melengkung seperti mangkok. Daun yang muda biasa dimakan begitu saja sebagai lalap, urap, atau salad. Harum daunnya khas. Orang Padang membuatnya untuk gulai otak.

* Daun Salam: Aromanya sangat khas. Sering digunakan untuk sambal goreng.