Seks dan Penuaan

By nova.id, Rabu, 30 Januari 2013 | 03:27 WIB
Seks dan Penuaan (nova.id)

Seks dan Penuaan (nova.id)

"Ilustrasi "

Berapa persentase orang berusia di atas 45 yang merasa puas dengan kehidupan seks?

 Apakah seks menjadi lebih baik seperti seiring pertambahan  usia? Kebanyakan orang di atas usia 45 tahun berpikir demikian. Mereka mengatakan sangat puas dengan kehidupan seks mereka. Tiga puluh satu persen dari mereka baru menyatakan terkadang puas dan tidak puas. Sisanya, 23% pria dan 14% wanita mengatakan mereka tidak puas.

Mengapa demikian? Para ahli mengatakan, kehidupan seks  berusia lebih tua, kerapkali lebih mengambil manfaat dari pengalaman dan kepercayaan seksual.  Berdasarkan hubungan yang telah sangat lama berjalan, umumnya kualitas hubungan telah meningkat baik dari segi kepercayaan dan keintiman.

Apakah keinginan seks dapat berkurang saat beranjak tua?

Seiring bertambahnya usia, hasrat seksual biasanya menurun. Hal ini berlaku pada pria dan wanita, kendati wanita  dua sampai tiga kali lebih berpotensi dibanding pria.

 Jika hal ini terjadi, kuncinya ada pada hormon yang menurun karena beberapa perubahan. Selain, masalah seperti konflik dengan pasangan, masalah medis, dan isu budaya juga memainkan peran. Namun selama seseorang sehat, masalah-masalah tambahan seharusnya tak terlalu signifikan sebagai pengganggu.

Berapa presentasi pria di atas 50 tahun yang hanya bercinta beberapa kali sebulan?

Sayangnya, berdasarkan fakta yang dihimpun dari sebuah penelitian, ada sekitar 35% pria berusia di atas 50 tahun yang bercinta hanya beberapa kali dalam sebulan.

Fakta ini mendukung pernyataan jika aktivitas seksual pria dapat menurun ketika beranjak dewasa. Namun menurut penelitian oleh Kinsey Institute, banyak  pria berusia matang tetap aktif secara seksual. Sekitar 25% pria berusia di atas 50 tahun mengatakan dirinya memiliki hubungan seksual beberapa kali dalam sebulan, 10 % mengatakan memiliki hubungan intim dua hingga 3 kali seminggu.

Di sisi lain, justru pada wanita di atas 50 tahun, sekitar 20% mengatakan mereka memiliki hubungan seks beberapa kali dalam sebulan. Dan sekitar 7% nya  mengatakan mereka berhubungan seks 2 hingga 3 kali seminggu.

Apakah ketika beranjak tua, diperlukan waktu lebih lama untuk terangsang?