Sakit Kepala yang Tak Diduga

By nova.id, Minggu, 19 Agustus 2012 | 02:36 WIB
Sakit Kepala yang Tak Diduga (nova.id)

Sakit Kepala yang Tak Diduga (nova.id)

"Ilustrasi "

Cuaca

Perubahan suhu udara juga dapat memicu migren, baik ketika sangat panas maupun sangat dingin. Cuaca udara yang terik dan hujan disertai badai merupakan penyebab  sakit kepala. Anda mungkin tak bisa mengubah cuaca, yang dapat dilakukan adalah meminimalisir dehidrasi dan menghindari terik matahari. Gunakan kaca mata dengan UV protection, dan ketika hujan sebaiknya tetaplah berada dalam ruangan hingga cuaca mereda.

Wewangian yang Kuat

Wewangian atau bau-bauan yang kuat tercium, bahkan yang enak sekalipun, dapat memicu migren pada beberapa orang. Bagaimana terjadinya belum dapat dijelaskan, akan tetapi bau-bauan ini dapat memicu sistem syaraf. Beberapa wewangian yang kerap memicu sakit kepala diantaranya, cat, parfum dan beberapa jenis bunga.

Aksesori Rambut

Bagaimana menata rambut juga dapat menjadi sumber sakit kepala. Kuncir rambut ekor kuda dapat meregangkan jaringan di kulit kelapa hingga menyebabkan sakit kepala. Ikat kepala, kepang dan topi ketat juga dapat menyebabkan hal serupa. Jika Anda mendapati sakit kepala akibat kebiasaan tata rambut, biarkan dahulu rambut tergerai bebas. Ini akan membuat sakit kepala lekas mereda.

Olah Raga

Olah raga berat termasuk juga aktivitas seks, kadangkala dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa pejoging dan pasangan yang berhubungan seksual mengaku mendapatkan sakit kepala. Kendati, sakit kepala ini umumnya terjadi pada orang-orang yang memang sudah memiliki riwayat migren.

Posisi Tak Ergonomis

Tak harus bekerja keras hingga menguras keringat untuk memicu tekanan dalam kepala dan ketegangan otot leher. Membungkuk di meja saat mengerjakan sebuah pekerjaan dalam waktu yang tak singkat juga dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa sikap tubuh yang buruk seperti membungkukkan bahu, menggunakan kursi tanpa sandaran, menatap monitor komputer yang lebih tinggi dari pandangan mata, dan mengapit telepon di pundak, juga dapat menyebabkan sakit kepala. Ketika Anda kerap mengalami sakit kepala saat bekerja, perhatikan tatanan ruang kerja Anda.

Keju