"Yuk, Nak, Kita Nonton!" (1)

By nova.id, Jumat, 11 Maret 2011 | 17:01 WIB
Yuk Nak Kita Nonton! 1 (nova.id)

Yuk Nak Kita Nonton! 1 (nova.id)

""

Saat ini begitu banyak film untuk anak-anak dengan pengemasan inovatif seperti 3D hingga 4D. Layar besar, special effect, dan tata suara yang canggih tentu lebih mengasyikkan dibandingkan menonton televisi di rumah. Jadi, kapan ya orang tua bisa membawa Si Kecil nonton bareng di bioskop?

Saat yang Tepat 

Bicara mengenai usia, anak berumur 4 tahun ke atas sudah bisa diajak ke bioskop. Meski ada juga orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya berumur 3 tahun ke bioskop, tetapi rasanya kurang pas. Pasalnya, usia 3 tahun ke bawah  masih senang mondar-mandir, tidak betah diam dalam satu tempat, dan sulit diberi pengertian.

Jangan juga memaksakan diri mengajak bayi ke bioskop. Bukan saja tangisannya mengganggu orang di sekitarnya, namun AC yang dingin (bisa membuat bayi sakit, lho), ruangan yang gelap dan sound yang menggelegar pastinya membuat bayi Anda merasa tidak nyaman juga.

Persiapan Matang

Kesiapan anak-anak untuk dapat menonton di bioskop tidak terlepas dari umur mereka. Semakin kecil pastinya Anda masih akan direpotkan dengan ketidaktenangan mereka di dalam bioskop. Apakah itu bolak-balik pergi ke toilet, atau acapkali menanyakan setiap jalan ceritanya, atau justru bercerita sendiri dan membuat suara-suara yang mungkin saja mengganggu penonton lain.

Untuk itu, sebelum masuk bioskop, ajak Si Kecil pergi ke toilet dan ambillah bangku yang paling pinggir untuk berjaga-jaga jika Si Kecil harus bolak-balik keluar masuk teater.

Jangan lupa membeli makanan dan minuman ringan, untuk mengganjal perut anak hingga film selesai ditayangkan. Jika Anda takut minuman yang dibeli tumpah, lebih baik bawa wadah tersendiri yang bisa ditutup dan dibuka. Atau, Anda saja yang memegang minuman dan makanan, jadi anak tinggal meminta ketika ia ingin ngemil.

Bagaimana agar Si Upik tidak gaduh di bioskop? Sebelum berangkat dan sesaat sebelum memasuki studio, ingatkan ia untuk bersikap baik, sopan dan tidak berisik. Anak-anak biasanya cepat tanggap dan mengerti dengan aturan ini, kok.

Pilih Sendiri?

Agar anak menikmati menonton film, biarkan ia memilih film yang ingin ia tonton. Jika Anda memaksanya mengikuti pilihan Anda, anak akan bosan dan bertingkah kurang menyenangkan saat menonton. Bisa juga, lho, Si Kecil marah. Anda tentu tak ingin, kan, anak berulah di tempat ramai?