Mengatasi Gangguan Tumbuh Kembang (1)

By nova.id, Rabu, 9 Maret 2011 | 17:00 WIB
Mengatasi Gangguan Tumbuh Kembang 1 (nova.id)

Mengatasi Gangguan Tumbuh Kembang 1 (nova.id)

""

Saat dilahirkan, Bintang terbilang anak yang sehat dan tak pernah absen diberikan ASI. Perkembangannya sangat pesat, belum ada setahun ia sudah mulai belajar berjalan. Namun saat berjalan, ia menjinjitkan kakinya. Awalnya, Sang Ibu menganggap ini bagian dari prosesnya belajar berjalan, tapi ketika hal ini berlangsung hingga usianya jelang 3 tahun, ibunya merasakan keganjilan.

Menurut Rini Hildayani, M.Si, Psikolog., Bintang mengalami tumbuh kembang yang tak sempurna yang secara umum disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan.

Faktor lingkungan meliputi kondisi pada masa prenatal, perinatal, dan postnatal. Faktor yang paling beresiko ada di masa prenatal, yaitu bisa disebabkan karena pada saat hamil Si Ibu mengonsumsi obat-obatan terlarang, alkohol, dan merokok.

Faktor perinatal dapat berupa komplikasi pada saat melahirkan. Sedangkan, masa postnatal meliputi kondisi medis dan juga bentuk-bentuk pengasuhan yang diberikan oleh orang tua atau orang-orang yang terlibat dalam pengasuhan anak (baby sitter, misalnya).

Selain jalan jinjit, ada juga beberapa masalah tumbuh kembang. Berikut penjelasannya:

Speech Delay

Speech delay adalah kegagalan mengembangkan kemampuan berbicara pada anak yang diharapkan bisa dicapai pada usia kronologisnya. Dengan kata lain, perkembangan anak (dalam hal bicara) tertinggal beberapa bulan dari teman-teman seusianya.

Penyebab:Anak-anak yang dicurigai mengalami speech delay mengalami masalah pendengaran.

Adanya keterlambatan perkembangan yang terjadi karena belum dicapainya tingkat kematangan, seperti kematangan organ-organ bicara.

Deprivasi sosial, misalnya, kurang terpapar dalam lingkungan sosial dan kurang stimulasi.

Cara mengatasi: Bacakan buku atau cerita bergambar sehingga anak dapat menunjuk atau memberi nama beda-benda yang ia kenal.