NOVA.id - Tepat pada 12 Desember 2014 lalu, terhitung sejak pukul 00.00 WIB, sekitar 78 toko online berperan serta dalam ajang tahunan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Dari sekian banyak toko online yang ada, terpantau sejumlah aktivitas percakapan pada Jumat (12/12) lalu itu pada beberapa toko online yang memiliki akun Twitter khusus untuk pasar Indonesia.
Saat dipantau terakhir pada pukul 17.00 WIB, hasilnya selama sepekan terlihat percakapan di akun @LazadaID berhasil melampaui pesaingnya, akun @ZaloraID.
Baca Juga : Penipuan Mengatasnamakan Situs Belanja Online Kian Marak, Ini Cara Menghindarinya!
Urutan berikutnya dalam pantauan aktivitas percakapan terbanyak ditemukan pada akun toko online @OLX_Indonesia, @traveloka, dan @elevaniaID.
Selama seharian pada saat peringatan Harbolnas itu percakapan di akun-akun tadi terpantau terus bertambah dan saling berkejar-kejaran, seiring kehadiran para pembeli di dunia maya.
Perbandingan percakapan pada peringatan Harbolnas yang menyinggung @LazadaID dan @ZaloraID terlihat pada persentase yang menunjukkan hasil berikut, termasuk percakapan untuk akun toko online lainnya yang juga menjadi favorit para pembeli online:
Baca Juga : Shopee Adakan Flash Sale Xiaomi Redmi Note 5A Prime dengan Harga Murah
- @LazadaID 32 persen,
- @ZaloraID 23 persen,
- @elevaniaID 9 persen,
- @OLX_Indonesia 16 persen,
- @Berrybenka 6 persen,
- @traveloka 10 persen,
- @RakutenIndo 3 persen,
- @pinkemmaID 1 persen.
Percakapan terkait Harbolnas dalam sehari itu terus bertambah dan paling terlihat menonjol pergerakannya di tiga akun terfavorit, yakni @ZaloraID, @LazadaID, dan @OLX_Indonesia.
Namun sebaliknya, pergerakan percakapan ke arah akun @eleveniaID, @traveloka, dan @RakutenIndo justru mengalami penurunan, menjelang sore.
Akun toko online lainnya terlihat flat atau stabil.
Baca Juga : 4 Cara Memastikan Barang yang Anda Beli di Toko Online Berkualitas dan Aman Saat Transaksi
Hingga Jumat sore, interaksi pun terus terjadi di setiap akun.
Terpantau isi percakapan yang terjadi di puncak percakapan terkait Harbolnas pada pukul 17.00, dari setiap akun antara lain:
1. LazadaID
Melalui akun ini pembeli bisa mencari smartwatch phone seharga Rp349 ribu, yang awalnya seharga Rp700 ribu.
Lalu, Nintendo 3DS yang didiskon 92 persen, menjadi seharga Rp555 ribu dari harga awal Rp7 juta!
Dengan adanya sejumlah penawaran menarik pada beberapa jenis produk elektronik menyebabkan twit teratas yang diarahkan ke akun @LazadaID justru datang dari sejumlah akun pria.
Baca Juga : 6 Tips Bijak Berhemat dalam Berbelanja Online dan Flash Sale
Ada yang ikut mempromosikan Harbolnas, menanyakan soal vocer belanja, plus konfirmasi barang yang dibelinya sudah sampai.
Seperti yang dapat dilihat dari akun @palemcraft pada pukul 17.02, yang ikut mempromosikan akun @LazadaID di Harbolnas yang dberhasil di Retweet sebanyak 57 kali: @palemcraft:
Selamat sore, discount besar di @LazadaID mungpung nih produk karya anak bangsa.
Baca Juga : Perempuan Inspiratif Pilihan NOVA 2019: Ingin Jadi Dokter, Astri Wahyuni Malah Bergelut di Tokopedia
Ada pula akun @revi_r7, yang menanyakan soal cara mendapatkan vocer diskon untuk bisa berbelanja lebih murah dan hemat di Harbolnas:
@LazadaID gimana cara kode vouchernya min?
Atau yang berasal dari akun @jefrilicious, yang heran dengan harga yang ditawarkan sangat murah.
Ini seriusan harganya cuma segini@LazadaID?
Baca Juga : CEO Bukalapak: Barang Elektronik dan Fashion Tetap Paling Laku!
2. ZaloraID
Tawaran yang berasal dari selebriti soal penggunaan vocer satu juta dari Zalora berhasil diRetweet lebih dari 200 kali oleh followers-nya.
Promosi langsung dan riset dari akun ini juga cukup banyak direspons netizen.
Seperti yang ditwitkan oleh presenter olah raga Lucy Wiryono, @lucywiryono:
@ZaloraID lah? Ada tambahan diskonnya? *buka web zalora lagi* :)))
Atau dari akun buzzer ternama milik Alexander Thian, @AMzaring:
Aku dikasih pocer sejuta )uka web zalora lagi* :)enter ienter ilah raga warkan sangat murah: "hjelinya sudah sampai. zadaID di Harbolnas: dari @ZaloraID, aku kudu piye? Kasih ke kalian aja? Yang mau retweet.
Sementara itu twit yang masuk pertama kali ke akun @ZaloraID dan pada twit-twit terakhirnya, terpantau para netizen lebih banyak yang bertanya, ketimbang yang bercerita soal belanjaannya.
Baca Juga : Ibu Wajib Tahu! Begini Cara Ajarkan Anak Agar Tak Kalap Saat Harbolnas
3. OLX_Indonesia
Di sini lebih banyak penjual yang berpromosi melalui akun OLX ketimbang mendapatkan respons dari pembeli.
Namun yang paling menarik dari akun ini adalah barang yang ditawarkan jauh lebih beragam bahkan unik.
Seperti rumah, motor, alat penangkal petir, hingga tokek!
Seperti yang ditwitkan oleh akun @triitem:
Agen pasang penangkal petir Jakarta via @OLX_Indonesia.
Baca Juga : Suka Bikin Kecewa, Ini 3 Tips Belanja Pakaian Online dari Desainer Barli Asmara
Atau dari akun @AntBudiWy:
Tokek 350 gram via @OLX_Indonesia, Trims.
Dan dari akun @mr_firman26:
belanja murah di metrostore57 harga grosir untuk semua reseller Sarung anti airuntuk semua via@OLX_Indoensia.
4. Traveloka
Kendati tak terlalu terlihat percakapan yang menonjol pada sejumlah twit teratasnya, namun di akun ini tetap terlihat adanya interaksi, seperti soal pemberian diskon hotel dan tujuan wisata yang diminati para netizen.
Seperti dari akun @fajar6661:
lumayang dapat potongan 15% hotel di @traveloka.
Atau akun media @tempodotco yang ikut memprosikan potongan harga di @traveloka:
Diskon 'gendut" Traveloka di Harbolnas.
Namun ada pula twit yang bernada protes, seperti yang datang dari akun @ademuhammad00:
gimana nih @traveloka, duit didebet tiket tdk dapat. CS nya klise dan tidak solutif.
Sementara itu, hasil riset dari Traveloka yang cukup menarik, terlihat dari destinasi wisata yang paling diminati.
Dari sejumlah twit promo yang diunggah dari akun resmi @traveloka, tujuan wisata dengan sejumlah tawaran diskon adalah Pulau Dewata Bali.
Baca Juga : Kerap Bawa El Barack Berlibur, Jedar Berikan Tips Aman Bawa Anak Traveling
Ya, dengan banyaknya minat masyarakat terhadap transaksi via online, acara belanja online terbesar di Indonesia ini tak percuma digelar kembali di tahun ini.
Dan pada peringatan Harbolnas yang diikuti oleh banyak toko online ternama di Indonesia ini, terpantau jumlah percakapan secara keseluruhan sebagai berikut (dilihat dari delapan toko online terfavorit):
@LazadaID: Pukul14.00 dengan total percakapan sebanyak 240 mention
@ZaloraID: Pukul 12.00dengan total percakapan sebanyak 239 mention
Baca Juga : Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Kita Belanja, Awal Bulankah?
@OLX_Indonesia: Pukul 14.00 dengan total percakapan sebanyak 70 mention
@Berrybenka: Pukul 11.00 dengan total percakapan sebanyak 15 mention
@traveloka: Pukul 16.00 dengan total percakapan sebanyak 41 mention
@EleveniaID: Pukul 11.00 dengan total percakapan sebanyak 5 mention
@RakutenIndo: Pukul 13.00 dengan total percakapan sebanyak 7 mention
@pinkemmaID: Pukul 11.00 dengan total percakapan sebanyak 4 mention (*)