Asam Si Penyeimbang Rasa

By nova.id, Sabtu, 31 Juli 2010 | 00:45 WIB
Asam Si Penyeimbang Rasa (nova.id)

Asam Si Penyeimbang Rasa (nova.id)
Asam Si Penyeimbang Rasa (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadilah "

Buah Asam

Dijual dalam bentuk buah asam segar berkulit keras. Yang muda, warna kulitnya kehijauan, sedangkan yang tua, kulitnya keras dan retak. Isinya berserabut dan berbiji. Ukurannya lebih kecil daripada asam Bangkok.

Memarkan buah asam sebelum digunakan dalam sayur asam dan masakan lain yang menggunakan asam segar. Lain halnya dengan asam Bangkok yang dapat disantap langsung, karena tidak seasam asam Jawa lokal. Agar tahan lama, bungkus asam dalam plastik dan simpan dalam kulkas.

Asam Jawa

Berasal dari buah asam tua, yang dicuci terlebih dahulu lalu direbus dalam air hingga lunak, ditiriskan, didinginkan, kemudian diambil dagingnya, diremas-remas dan disaring sehingga menjadi pasta padat.

Selain untuk masakan, asam ini cocok dibuat minuman. Caranya, cuci asam dengan air dingin, lalu didihkan bersama air setelah asam larut, saring airnya. Untuk menjaga mutunya, simpan asam Jawa dalam wadah tertutup rapat di tempat kering dan tidak terkena matahari langsung.

Asam Gelugur

Bentuknya seperti jamur kuping dan biasa dipakai dalam masakan Sumatera. Cita rasa asamnya ringan dan membuat masakan jadi keruh. Jika membelinya, perhatikan bentuk dan aromanya, yang segar pasti masih utuh dan segar.

Supaya tidak berjamur, letakkan dalam wadah tertutup ketat dan simpan dalam kulkas.

Asam Kandis