Gibran Putra Sulung Jokowi, Tak Ingin Sang Ayah Berpolitik

By nova.id, Kamis, 13 November 2014 | 07:48 WIB
Gibran Putra Sulung Jokowi Tak Ingin Sang Ayah Berpolitik (nova.id)

TabloidNova.com - Gaya Presiden RI Joko Widodo dan Sang Istri, Iriana, yang kerap tampil sederhana dan tidak ingin menonjol, ternyata menurun pada tiga anak mereka: Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Sebelum Jokowi akhirnya terpilih menjadi presiden, ketiga anaknya tidak pernah lengkap menyertai Sang Ayah di muka publik.

Sebenarnya Gibran, putra sulung Jokowi, tak ingin Sang Ayah berpolitik. Pria kelahiran 1 Oktober 1987, ini pada NOVA sempat dengan tegas mengatakan ketidaksetujuannya tersebut. Selain waktu untuk keluarga menjadi sedikit, bapaknya sudah mapan sebagai pengusaha.

"Sudah lihat kan, kerja dari pagi sampai pagi lagi, hasilnya sering tidak disukai masyarakat?" ucapnya suatu kali.

Masuk akal bila kemudian, tak pernah sekali pun Gibran tampil bersama ayahandanya, dalam acara-acara formal apalagi kampanye. "Saya bukan tipe anak yang suka ikut ke sana-kemari di belakang bapak lalu melambai-lambaikan tangan," tegas pemilik bisnis katering Chilli Pari ini. Ia pun enggan berkomentar soal kemenangan ayahnya sebagai Presiden.

Gibran pernah mengenyam pendidikan bisnis di Orchid Park Secondary School, Singapore, kemudian melanjutkan ke University of Technology Insearch, Sydney. Terakhir D3 di Management Development Institute of Singapore University of Bradford Singapore.

Ia pun konsisten dengan ucapannya. Bahkan, semasa ayahnya menjabat walikota, ia tegas menolak order katering yang datang dari Pemda Solo. "Saya tidak ingin ada kecurigaan apa pun. Bisnis ini saya bangun dengan usaha dan uang saya sendiri, serta hasil ngutang di bank."

Rini Sulistyati