Yuk, Senam Diabetes! (3)

By nova.id, Rabu, 24 November 2010 | 17:04 WIB
Yuk Senam Diabetes! 3 (nova.id)

Pelvis Rotation

Tidur posisi menyamping, kaki kiri (yang dibawah) lurus dan kaki kanan ditekuk di depan. Tangan kiri di depan, tangan kanan lurus di belakang punggung dan kepala menghadap ke kanan. Dorong pantat hingga memutar ke depan, lalu tahan 8 hitungan.

Ulang untuk sisi yang satunya lagi. Lakukan dalam 3 set.

Gerakan mendorong akan lebih sempurna jika dibantu oleh terapis terlatih yang mendorong pantat dan menahan posisi lengan yang di belakang punggung.

Torso Pelvis Rotation

Posisi awal lutut dan telapak tangan pada matras. Lalu perlahan tarik badan ke belakang hingga pantat menempel pada kaki dan lengan lurus di depan. Tahan posisi terakhir dalam 8 hitungan, ulang hingga 3 set.

Cobra Stretching

Tidur dalam posisi telungkup dan kaki lurus ke belakang. Letakkan telapak tangan pada samping dada, lalu dorong hingga siku lurus dan setengah badan terangkat seperti ular kobra. Tahan posisi terakhir dalam 8 hitungan, ulang hingga 3 set.

Perhatian!

Melakukan latihan bagi penderita diabetes juga perlu memperhatikan rambu-rambu. Berikut yang perlu Anda perhatikan!

Jangan memaksakan diri olahraga terlalu berat. Olahraga yang berat dapat memicu hipoglikemi (kadar gula darah terlalu rendah) yang dapat disertai gejala keringat dingin, pusing, mual, telapak kaki/tangan dingin, gemetar hingga pingsan.

Jangan menggunakan pakaian olahraga terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan dehidrasi berlebih sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman sehingga sirkulasi darah tetap lancar. Khusus wanita, gunakan bra yang nyaman untuk berolah raga.