Kiat Mendapat Sahabat

By nova.id, Kamis, 27 Mei 2010 | 09:31 WIB
Kiat Mendapat Sahabat (nova.id)

Kiat Mendapat Sahabat (nova.id)

"Foto: Dok. Nova "

Kerap kali kita terheran-heran jika melihat dua orang bersahabat untuk jangka waktu lama. Apa, ya rahasianya? Tanya kita. Ternyata rahasianya terletak pada beberapa hal di bawah ini:

1. Jika kalian berjanji hendaklah selalu ditepati. Anak yang tak bisa menepati janji, biasanya bukan teman yang bisa diandalkan.

2. Jika seorang teman tengah menceritakan pengalamannya baik yang sedih maupun menyenangkan hendaknya kalian mendengarkannya dengan baik. Soalnya, siapa pun pasti tak ingin pembicaraannya diremehkan.

3. Jika seorang kawan menceritakan sebuah rahasia, menyebar luaskannya pada orang lain bukanlah tindakan yang patut dipuji. Namanya rahasia kan hanya untuk diketahui berdua.

4. Jika teman kalian melakukan sesuatu dan tak ingin kalian ganggu, penuhilah permintaan itu. Sedekat-dekatnya seseorang bersahabat, ada kalanya dia ingin menyendiri.

5. Jika seorang teman mendapatkan suatu keberhasilan, entah menjadi juara kelas, memenangkan pertandingan, atau berhasil mendapatkan angka bagus, jangan lupa mengucapkan selamat. Meski sekadar ucapan, artinya sangat besar karena itu berarti kalian memberikan perhatian.

6. Jika seorang kawan berulang tahun, jangan lupa memberinya selamat. Ulang tahun bagi seseorang sangatlah penting artinya karena itu berarti kalian memberikan perhatian.

7. Jika seorang teman tertimpa kesedihan seperti sakit, kehilangan miliknya yang disayangi, mendapatkan angka buruk, jangan segan-segan untuk bersimpati dan memberikan dorongan semangat padanya. Dalam kesedihan, seseorang hanya membutuhkan perhatian dari teman dekatnya.

8. Jika seorang teman hendak melakukan perbuatan yang tak pantas, hendaknya kalian tidak segan - segan mengingatkannya. Kalau saja dia tetap melakukannya, tak apa. Yang penting kalian sudah mengingatkan.

9. Di tengah percakapan dengan seorang teman, tak ada salahnya kalian melontarkan humor yang bisa menghangatkan suasana. Tentu saja, humor itu tak boleh berakibat membuat orang lain tersinggung.

10. Berlakulah santun terhadap orang lain, terlebih sahabat kalian. Mengelurkan kata - kata kasar, selain menyakitkan hati orang juga membuat orang menjauhi kalian. Siapa sih yang mau disakiti?