Uniknya Tradisi Pernikahan di Banyak Negara (2)

By nova.id, Senin, 21 Juli 2014 | 04:43 WIB
Uniknya Tradisi Pernikahan di Banyak Negara 2 (nova.id)

Uniknya Tradisi Pernikahan di Banyak Negara 2 (nova.id)

"Pernikahan di Skotlandia (foto: IST) "

TabloidNova.com - Bukan hanya soal menyatukan dua insan untuk membangun rumah tangga, inti dari sebuah perayaan pernikahan tentunya juga untuk menyatukan dua keluarga, dua kehidupan dan mungkin dua latar belakang yang berbeda. Banyak ritual, perayaan, adat-istiadat dan kebiasaan yang kerap dilakukan di sebuah perayaan pernikahan. Bahkan di beberapa negara, perayaan pernikahan dianggap sangat penting untuk melestarikan kebudayaan.

Mungkin di Indonesia, adat-istiadat yang berkaitan dengan pernikahan bisa dengan mudahnya ditemukan di banyak acara pernikahan. Lagi pula, masih banyak pasangan yang menikah menggunakan ritual adat mereka. Tapi di banyak negara, ternyata adat-istiadat dan kebiasaan perayaan pernikahan juga memiliki keunikan tersendiri seperti halnya di Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa perayaan tersebut terkadang sampai membuat orang geleng-geleng kepala?

Berikut kami paparkan beberapa kebiasaan unik perayaan pernikahan di banyak negara:

SKOTLANDIA

Lupakan taburan bunga mawar merah saat pernikahan digelar, karena di Skotlandia, sebelum menikah, pasangan pengantin diwajibkan dilempar dengan bergaam campuran bahan makanan yang terkadang sangat menjijikkan.

KONGO

Di negara ini, ada tradisi pernikahan yang mewajibkan calon pengantin wanita dan lelaki untuk tidak tersenyum sama sekali selama masa acara pernikahan digelar. Tidak boleh satu senyum pun terlihat. Itulah tanda bahwa keduanya memang menganggap pernikahan sebagai momen yang serius.

KOLOMBIA

Yang ini lebih aneh lagi. Di Cali, Kolombia, ibu dari pengantin wanita harus hadir di kamar tidur saat pasangan pengantin baru melalui malam pertama mereka. Ini diyakini sebagai proses pelatihan bagi keduanya untuk membiasakan diri dengan hubungan intim. Wow!

KOREA

Di Negara Ginseng ini, setiap akhir upacara pernikahan, kaki pengantin pria diwajibkan digigit oleh seekor ikan yang telah disediakan oleh teman-temannya. Ini sebagai tanda ucapan selamat dari sahabat sang pengantin pria sebelum melepas masa lajangnya.