17 Tips Mengerem Hasrat Si Shopaholic (2)

By nova.id, Rabu, 21 Januari 2009 | 07:27 WIB
17 Tips Mengerem Hasrat Si Shopaholic 2 (nova.id)

17 Tips Mengerem Hasrat Si Shopaholic 2 (nova.id)

"Foto: Dok. NOVA "

9. Gunakan kartu kredit, kartu diskon, dan uang tunai dalam dompet secara bijak. Meski punya banyak kartu kredit, Anda akan tetap merasa "aman" dari utang. Bila perlu, simpan kartu-kartu itu di rumah, dan bawa uang tunai seperlunya saat Anda ke mal.

10. Disiplin merencanakan keuangan keluarga. Jujur dan terbukalah kepada pasangan mengenai kondisi keuangan masing-masing. Meski Anda memiliki gaji sendiri, diskusikan dengan baik bagaimana cara dan uang siapa yang akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan. Lakukan berdasarkan kesepakatan bersama pasangan, agar kelak tak muncul konflik.

11. Ingat selalu rencana besar yang sedang Anda usahakan agar terwujud, antara lain biaya keperluan sekolah anak atau uang yang harus disisihkan untuk ditabung. Cara ini akan membuat Anda lebih mengerem hasrat berbelanja.

12. Beli barang sesuai kemampuan dan kebutuhan. Tak perlu cemas bila Anda tak membeli barang yang disukai. Membeli sesuatu yang harganya mahal, bermerek, dan sekaligus dalam jumlah banyak sebetulnya tak masalah, asalkan Anda memang mampu dan butuh. Jadi, tak perlu memaksakan diri.

13. Stop terus-menerus berbelanja atau melakukan berbagai perawatan ke salon hanya untuk mencari cara agar diterima dan dicintai pasangan.

14. Belilah barang yang memang Anda sukai, penting, dan bermanfaat bagi Anda.