Beragam Modus Pencurian Kabel Optik

By nova.id, Jumat, 7 Februari 2014 | 02:19 WIB
Beragam Modus Pencurian Kabel Optik (nova.id)

Beragam Modus Pencurian Kabel Optik (nova.id)

"Foto: Laili "

Diungkapkan Sukarman, Koordinator Pengamanan PT Persada, Indosat sebenarnya sudah kerap melapor polisi atas keluhan kehilangan material dari BTS. "Sebulan bisa 10 site kejadian pencurian di wilayah Jabodetabek," tandas Sukarman.

Modus yang digunakan para pencuri macam-macam. Ada yang menggunakan surat palsu (scan dari kop surat asli Indosat), berpura-pura menjadi teknisi yang memelihara BTS, hingga langsung mencuri di lokasi BTS.Pada komplotan yang berpura-pura menjadi teknisi dari Indosat, mereka akan menyodorkan surat jalan palsu dengan kop surat Indosat.

"Sebenarnya ini bisa dibedakan oleh karyawan Indosat, kalau logo surat yang asli tidak akan luntur jika ditetesi air. Sementara yang palsu, ditetesi air saja luntur," ujar Sukarman. Surat ini disodorkan pada penjaga BTS, mengisi lock book dan.  dibukakan pagar sehingga para pencuri dapat memulai aksinya.

"Penjaga di BTS memang tidak ada, tapi ada pemilik lahan yang disewa juga dikontrak menjadi penjaga BTS," papar Sukarman lagi.

Sementara pelaku yang langsung beraksi, biasanya langsung memotong pagar BTS.Atau, bisa juga merupakan operasi legal dengan PIC dari Indosat. Namun setelah orang Indosat tersebut pulang, karyawan sub kontraktor tersebut langsung mengambil kabel fiber optik maupun kabel LAN serta material BTS lain yang sudah terpasang.Laili