Makanan Buatan Rumah untuk Hewan Peliharaan (1)

By nova.id, Kamis, 14 Februari 2013 | 03:58 WIB
Makanan Buatan Rumah untuk Hewan Peliharaan 1 (nova.id)

Makanan Buatan Rumah untuk Hewan Peliharaan 1 (nova.id)

"Mel dan Grace bangga snack dan treat untuk anjing buatannya mulai dikenal masyarakat luas. (Foto: Edwin Yusman / NOVA) "

Agar tumbuh sehat, satwa peliharaan seperti anjing dan kucing juga membutuhkan beragam vitamin. Selain makanan penuh gizi, sejumlah snack atau treat juga dapat dijadikan sumber vitamin bagi hewan kesayangan. Nah, dari beragam produk snack dan treat yang ada, banyak pula produk buatan lokal yang tak kalah kualitasnya dengan produk impor. Apa sajakah produknya?

Woofer Homemade Dog Treat

Sepasang sahabat memang bisa melakukan apa pun, termasuk membuat usaha. Tak terkecuali Yosephine Mellisa (32) dan Grace Tarmizi (36). Memiliki kesamaan passion terhadap anjing, mereka berkeinginan memberikan yang terbaik kepada anjing peliharaan mereka. Termasuk soal makanan selingan yang biasa disebut snack atau treat.

"Mbak Grace yang semula punya ide membuat treat sendiri, kebetulan dia lulusan food technology dari sebuah universitas di Australia. Saya tertarik karena melihat banyak anjing kampung yang dipelihara orang tapi hanya diberi pakan nasi saja. Juga melihat nasib anjing-anjing di penampungan hewan yang jarang sekali diberi treat," ujar Yosephine Mellisa atau biasa disapa Mel.

Tahun 2008 menjadi awal mereka membuat treat, namun bukan untuk dijual melainkan hanya dikhususkan untuk anjing peliharaan sendiri, anjing terlantar, dan anjing di penampungan. "Waktu itu belum terpikir untuk dijadikan usaha," tukas Mel.

Sebagai lulusan food technology dan pemilik anjing, membuat Grace lebih mudah menyiapkan beragam resep treat yang disukai anjing. Tak heran ketika kemasan treat buatannya dibuka, anjing-anjing yang mencium aromanya menjadi "gila". Sibuk berebut perhatian untuk menerima treat aneka rasa buatan kedua sahabat ini. "Resep-resepnya saya dapat dari pengetahuan yang ada dan berburu bahkan sampai ke Jerman," imbuh Grace.

Kendati terlihat mudah, bukan berarti membuat treat untuk anjing perkara gampang. Ada banyak hal yang harus diketahui. Grace dan Mel lalu rajin melakukan beragam riset. Menurutnya, "Riset sangat diperlukan karena tak semua bahan makanan cocok untuk anjing. Ada beberapa bahan yang jika digunakan justru bisa mendatangkan bahaya."

Tahun 2010, keahlian dua sahabat ini makin diketahui banyak orang, hingga pesanan dari berbagai kota di Indonesia pun semakin banyak diterima. "Hingga saat ini produksi kami sudah mencapai 100 kilogram per bulan untuk pet shop. Belum termasuk yang dikirim ke langsung ke perorangan di beberapa kota seperti Bandung dan Bali."

Seluruh treat bermerek Woofer, kata Mel dan Grace, menggunakan bahan-bahan terbaik, tak pakai pengawet, pewarna, perasa, gula, dan garam. "Jadi memang tidak tahan lama, paling sampai dua bulan. Ini yang terkadang jadi hambatan kami untuk melakukan pengiriman luar kota yang jauh."

Ke depannya, Grace dan Mel akan melakukan banyak pengembangan. Mulai dari pengemasan agar isinya tak hancur atau patah dan menambah jumlah varian rasa treat buatannya. "Sementara ini baru ada empat jenis termasuk untuk anjing yang mudah alergi alias hypoalergenic. Khusus untuk varian hypoalergenic, kami dapatkan resepnya dari hasil menganalisis anjing kami yang memang punya alergi," kata Grace.

Treat buatan mereka dijual harga Rp 55 ribu untuk kemasan 500 gram, Rp 40 ribu untuk kemasan 250 gram, dan Rp 20 ribu untuk kemasan 100 gram. "Meski sudah dijadikan usaha dan menjadi main job, kami masih terus menyumbang treat untuk anjing-anjing di penampungan," aku Grace yang mencoba sendiri semua treat buatannya terlebih dulu sebelum diberikan ke hewan peliharaannya.

Selain membuat treat untuk anjing, "Sejak tahun 2012 kami buat treat untuk kuda namanya Sadle Snack. Banyak pemilik anjing yang juga memiliki kuda, mereka minta dibuatkan treat untuk kuda-kudanya. Memang belum banyak produksinya, tapi sudah bisa memproduksi 50 kilogram per bulan. Sekarang kami sedang bikin resep treat untuk kucing," bebernya.