Ippho Santosa ''Menyetir Dunia dengan Berbisnis (2)

By nova.id, Kamis, 31 Januari 2013 | 05:15 WIB
Ippho Santosa Menyetir Dunia dengan Berbisnis 2 (nova.id)

Ippho Santosa Menyetir Dunia dengan Berbisnis 2 (nova.id)

"Buku yang ditulis Ippho tak hanya menjadi best seller di dalam negeri, tapi juga sampai keluar negeri. (Foto: Dok Pri) "

Dari mana menemukan kalimat seperti itu?

Cuma mengutak-atik kalimat saja. Ha ha ha. Seiring dengan buku saya yang laris, kepercayaan orang kepada saya juga jadi meningkat dan mulai mengajak bermitra. Itu yang membuat usaha saya jadi lebih maju.

Seberapa penting marketing buat Anda?

Sangat penting, tapi jangan sampai over promise. Janjikan saja apa yang ada. Buat saya, malah saya balik. Kami janjikan sedikit, tapi yang didapat banyak. Jadi orang merasa sangat puas. Kepuasan pelanggan itu sangat penting. Meski tidak bisa menjamin, kami berusaha maksimal untuk itu, sehingga bisa melebihi harapan pelanggan. Kalau memang barang kami jelek, ya, kembalikan uangnya.

Mengapa tertarik mengajak orang berbisnis, bahkan menanamkannya sejak dini?

Jika Indonesia mau maju, ya, harus berbisnis. Untuk jadi negara maju, kita masih memerlukan pertumbuhan entrepreneur sebanyak 10 kali lipat dari yang sekarang ada. Taiwan, Australia, dan Singapura bisa maju karena pengusahanya banyak. Sementara kita, justru sebaliknya, mentalnya cenderung pemalas.

Selain TK, punya usaha apa lagi?

Saya punya Khadija Slimming. Itu bisnis pelatihan bagi orang-orang yang ingin punya usaha pelangsingan tubuh. Kami menyiapkan pelatihnya dan calon karyawannya kami latih sampai bisa. Untuk bisnis ini, kami juga membuka sistem kemitraan. Sekarang mitra kami untuk Khadija sudah ada 30 mitra. Saya juga punya lembaga pelatihan bisnis Kaia Training. Sejak awal 2012, saya berbisnis kaus pria, mereknya Rock Theory. Kaus ini sering muncul di teve, dikenakan para selebriti, misalnya Wendy Cagur.

Oh ya, Anda juga dikenal sebagai pakar otak kanan. Seberapa penting otak kanan?

Orang-orang yang memiliki otak kanan biasanya kreatif, imajinasi dan mimpinya besar. Itu sebabnya, kebanyakan mereka orang "gila". Biasanya pula, merekalah yang "menyetir" dunia. Jumlahnya memang sangat kecil, tak lebih dari dua persen penduduk dunia, antara lain Bill Gates dan Steve Jobs.

Lalu, sejak kapan jadi motivator?

Sebetulnya sudah sejak 2005, dimulai dari sekitar Batam. Tapi lebih sering diminta sejak 2007. Lalu, saya juga diminta jadi pembicara di berbagai seminar ke berbagai kota di Indonesia. Dari pada bolak-balik dan bikin capek, akhir 2011 saya dan keluarga pindah ke Jakarta.