Pengalaman Sakit di Afrika Bikin Inspirasi Usaha

By nova.id, Selasa, 28 Agustus 2012 | 04:54 WIB
Pengalaman Sakit di Afrika Bikin Inspirasi Usaha (nova.id)

Pengalaman Sakit di Afrika Bikin Inspirasi Usaha (nova.id)

"Foto: Laili Damayanti/NOVA "

Menikmati lezatnya sepotong daging domba nan lezat dengan cita rasa  ala Afrika. Seporsi sate yang lebih mirip daging panggang itu dibandrol Rp 35.000,-. Lebih nikmat jika sate tersebut disantap bersama potongan pisang tanduk panggang.

Usaha sate domba yang digagas Fergie (63) sejak 7 tahun ini, kini laris manis hingga kalangan pejabat dan artis. Mulai dari Vicky Nitinegoro, Happy Salma, Adly Fairus dan masih banyak selebritas lain pernah singgah di warung miliknya di jalan Prof. Dr. Satrio, Casablanca, seberang gedung Standard Chartered.

Rata-rata mereka menyukai karena daging domba persembahan Fergie tidak amis dan berbau lezat.

AWAL DARI SAKIT

Jika ditanya bagaimana ide cemerlang ini didapat Fergie, justru ini didapat dari sebuah musibah yang dialaminya.

Tadinya Fergie adalah seorang pengusaha garmen di tanah abang yang sudah sering melihat orang-orang Afrika berseliweran. Suatu ketika, seorang teman mengajak untuk melihat langsung negara Afrika agar tahu pangsa pasar di sana.

"Berhubung waktu itu perbedaan iklim sangat jauh berbeda, saya jatuh sakit," ujarnya memulai kisah si sate domba.

Kemudian sembari mengupayakan penyembuhan, rekan Fergie membawanya berbagai makanan. "Nah, rata-rata di sana kan tidak terlalu banyak rempah tapi asin-asin. Dan saya yang tadinya lemas, lama kelamaan jadi fit. Saya cari makanan apa yang membuat saya sehat itu," ungkapnya.

Penasaran, Fergie mendatangi langsung ke restoran dan mendapatkan resep sate domba ala Afrika.

TAK PAKAI IMPOR

Sepulang ke tanah air, Fergie mencoba membuka warung di Gajah Mada Raya dengan menu sate domba dan pisang bakar. Tak disangka, oleh-oleh resep dari Afrika nya disuka banyak warga Jakarta.

"Kalau yang sudah ada itu kebanyakan kambing. Waktu pakai domba, mereka justru bisa menerima," tuturnya.