Duka Asmawati: Novi Janji Tak Akan Terulang Lagi, Mak... (2)

By nova.id, Rabu, 24 Oktober 2012 | 03:30 WIB
Duka Asmawati Novi Janji Tak Akan Terulang Lagi Mak 2 (nova.id)

Duka Asmawati Novi Janji Tak Akan Terulang Lagi Mak 2 (nova.id)
Duka Asmawati Novi Janji Tak Akan Terulang Lagi Mak 2 (nova.id)

""Novi sangat terpukul foto-foto dirinya tersebar,''ujar Chris. (Foto: Agus Dwianto/NOVA) "

No Comment Soal ''Simpanan''

Tersebarnya foto-foto Novi dalam keadaan nyaris telanjang setelah diringkus polisi, "Jelas membuat Novi terpukul," kata Chris Sam Siwu, SH, pengacara Novi. Seperti yang sebelumnya disampaikan Chris, Novi tak ingat sedikit pun kejadian hari Kamis (11/10) itu. Saat kesadarannya pulih, menurut Chris, Novi sudah dalam keadaan berpakaian dan berada di kantor polisi. "Ya, dia sangat down," kata Chris saat ditemui Jumat (19/10).

Apalagi, Chris dan Novi sudah memastikan, foto-foto itu asli dan bukan hasil rekayasa digital. Kepada pihak berwajib, Chris mengaku menggugat tiga hal. "Yang harus bertanggung jawab adalah orang yang mengizinkan foto-foto itu diambil, yang memotret, dan yang menyebarkannya," kata Chris keras.

Banyak pihak angkat suara perihal foto-foto Novi ini. Komnas HAM dan Komnas Perempuan, misalnya, menilai penyebaran foto ini sebagai pelecehan seksual. Hingga Jumat (19/10), sudah ada 13 anggota Polres Taman Sari yang diperiksa oleh Petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya terkait tersebarnya foto-foto ini. Salah satunya adalah Kapolres Taman Sari Kompol Maulana Hamdan.

Sementara Novi, sebut Chris, sejauh ini belum berencana memasukkan gugatan. "Kami lebih fokus pada proses penyembuhan Novi. Soal gugatan, saya harus tanyakan ke Novi apakah ia mau. Hingga sekarang masih belum ada keputusan," lanjut Chris yang terhitung sejak Rabu (17/10) tak bisa berhubungan dengan Novi, baik secara langsung maupun melalui telepon seluler. "Di sedang menjalani proses detoksifikasi. Tak bisa diganggu. Itu sudah peraturan rumah sakit."