Istirahat Abadi Sang Iron Lady (2)

By nova.id, Kamis, 10 Mei 2012 | 00:27 WIB
Istirahat Abadi Sang Iron Lady 2 (nova.id)

Istirahat Abadi Sang Iron Lady 2 (nova.id)
Istirahat Abadi Sang Iron Lady 2 (nova.id)

"Hingga hari Jumat (4/5), kediaman Endang tak pernah sepi dari tamu yang ikut melakukan pengajian (Tahlilan). (Foto: Noverita/NOVA) "

Sukma Menjelang Pulang ke Sang Pencipta

"Menulis Itu Sukma!" buka Endang di halaman pertama Buku Untaian Garnet dalam Hidupku (2012). Sejak diangkat menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia tahun 2009, Endang yang disergap kesibukan memang tak sempat lagi menulis. Padahal, seperti yang diungkapkannya, menulis adalah sukma baginya.

Alhasil, "waktu luang" di hari-hari terakhirnya di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) diisi dengan menyelesaikan satu karya terakhirnya, yaitu sebuah memoar yang amat personal. Di situ ia bercerita tentang suami, anak-anak, juga pekerjaannya. Endang dibantu sahabatnya, Siti Isfandari, kala mengumpulkan serpihan-serpihan cerita hidupnya ini.

Buku setebal 212 halaman yang disunting Isye Soentoro tersebut kemudian diterbitkan sebelum Endang sempat membaca dummy-nya. Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) sengaja mengebut pencetakan sebanyak 100 eksemplar agar dapat dibagikan secara terbatas kepada pelayat yang datang untuk memberi penghormatan terakhir di Gedung Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (3/5).