Perempuan "Langka" di Dunia Kerja Pria (1)

By nova.id, Rabu, 18 April 2012 | 23:36 WIB
Perempuan Langka di Dunia Kerja Pria 1 (nova.id)

Perempuan Langka di Dunia Kerja Pria 1 (nova.id)
Perempuan Langka di Dunia Kerja Pria 1 (nova.id)

"Bersama tim test pilot dan flight test enginee PT DI. (Foto: Dok Pri) "

Seperti Astronot

Lingkungan kerja yang didominasi kaum pria juga tidak membuat Esther ciut. Ia malah tertantang membuktikan kompetensinya setara dengan para pria. Tak mudah memang, kata Esther. Ia melaluinya dengan doa dan air mata. "Keraguan mereka memang tidak terang-terangan, tapi tersirat. Saya merasakan betul itu. Tapi dari situ juga mental dan karakter saya dibentuk," kata wanita yang pernah menguji coba empat buah pesawat dalam sehari.

Pekerjaan sebagai penguji pesawat ini kemudian dirasakannya sebagai panggilan jiwa. "Bayangkan, secara fisik saya kurang tinggi. Ditambah latar belakang yang bukan dari dunia eksata, sebuah keajaiban saya bisa mendapat banyak kesempatan emas," ucapnya. Ingin menambah ilmu, Esther lantas memutuskan sekolah lagi dengan biaya sendiri. Tahun 1994, ia disahkan menjadi captain. Dalamnya pengetahuan Esther tentang pesawat lantas membuatnya dipercaya menjadi pilot uji atau test pilot, khusus untuk menguji pesawat baru buatan PT DI.

"Test pilot itu penuh risiko, satu step sebelum astronot. Maka itu buat pesawat tak mudah, dari tiap proses harus bisa dipertanggungjawabkan komponennya." Pengalaman paling berkesan ia alami saat melakukan manuver dengan satu mesin pesawat dimatikan. "Meski bahaya, menguji limitasi itu sangat perlu karena jadi pengarahan bagi pilot operator."