"Demi Olive, Kami Tak Tinggal Diam..." (2)

By nova.id, Rabu, 18 April 2012 | 07:09 WIB
Demi Olive Kami Tak Tinggal Diam 2 (nova.id)

Demi Olive Kami Tak Tinggal Diam 2 (nova.id)
Demi Olive Kami Tak Tinggal Diam 2 (nova.id)

"Foto: Laili/Nova "

City Car, Kok Boros?

Belum selesai urusan dengan gugatan keluarga mendiang Olivia Dewi, Nissan lagi-lagi kena masalah. Adalah Ludmilla Arif (39), seorang ibu bekerja dengan dua anak yang tadinya yakin memilih Nissan March sebagai mobil pribadinya, yang kini meradang. "Tadinya saya beli atas rekomendasi ayah saya. Katanya ada mobil kecil, CC-nya juga kecil, katanya irit. Saya yang tidak tahu mesin langsung mengiyakan," ujar Milla yang makin mantap setelah melihat iklan Nissan March terpampang dimana-mana.

Saat ada pameran di sebuah mal, Milla akhirnya membawa pulang city car tersebut dengan harga Rp 159,8 juta. "Tadinya saya pakai mobil sedan dan kijang, lalu ingin ganti Nissan March. Setelah sebulan dipakai, kok, terasa boros sekali?" ujar Milla. Padahal, rute perjalannya tak banyak perubahan. "Saya pakai ke kantor dan antar anak sekolah. Mobilitas saya sehari-hari juga tidak tinggi. Saya hanya menggunakan mobil untuk datang dan pulang kerja saja."

Agar lebih yakin, Milla lantas ke dealer Nissan dan dilakukan test drive. Di sana, teknisi Nissan mengatakan mobilnya masih normal karena pengeluaran bahan bakar 1 liter untuk 17 km. "Saya tidak percaya, karena penghitungan saya 1 liter tak pernah bisa lebih dari 9 km," lanjut Milla yang lantas meminta test drive ulang oleh Nissan Indonesia.

Hingga test drive dilakukan 4 kali, "Tidak terbukti seperti iklannya. Benar hitungan saya, test drive rute dalam kota berkisar 1 liter hanya sampai 7 sampai 9 km," kata Milla. Memang, saat test drive ke-4t Milla menolak ikut. "Soalnya saya capek. Prosesnya lama sekali."

Beberapa hari setelah test drive, ia sempat bertemu dealer mobilnya lagi. "Kata pihak Nissan, mobil tidak ada masalah selama penggunaan di jalan bebas hambatan. Aneh, kan? Katanya city car, kok, hanya jalan di jalan bebas hambatan?"