Peluang Menjanjikan dari Sculpted Cake (2)

By nova.id, Kamis, 2 Februari 2012 | 10:21 WIB
Peluang Menjanjikan dari Sculpted Cake 2 (nova.id)

Peluang Menjanjikan dari Sculpted Cake 2 (nova.id)

"Foto: Eng Naftali "

Bisnis Menjanjikan

Yang juga perlu diperhatikan dalam berbisnis kue ini adalah faktor pengiriman. "Tanyakan dengan jelas alamat pemesan. Jika ternyata rumahnya tidak bisa dijangkau kurir sepeda motor, bebankan biaya pulang-pergi bensin mobil ke harga kue."

Pilih juga kurir yang bisa dipercaya, selain membekali mereka dengan kemasan sebaik mungkin. Jika toh kue sampai rusak, jangan pula lantas menyalahkan kurir. "Tawarkan alternatif pada konsumen, mau diperbaiki tapi makan waktu, atau berikan diskon."

Meski memiliki kekurangan dan kerumitan, Dewi melihat bisnis SC masih potensial. "Saat ini, kan, banyak ibu-ibu bekerja yang tidak sempat membuat kue ulangtahun. Sampai tiga tahun ke depan bisnis SC masih ramai. Yang jelas, harus inovasi dan punya teknik baru. Misalnya dulu tidak bisa bikin kue bentuk tangan melambai, sekarang harus bisa."

Tak lupa, lebarkan referensi model dan bahan-bahan dari website luar negeri. "Biasanya bahan-bahan di sana lebih lengkap. Kalau tidak ada di sini, titip ke orang atau beli sendiri ke luar negeri." Menyangkut bahan, kalaupun membuat sendiri, Dewi berpesan untuk selalu menggunakan bahan yang aman dan tidak membahayakan. "Ada, kan, yang bikin kue bentuk robot ternyata di dalamnya ada pralon yang ditempeli kue. Memang robotnya bisa berdiri dengan bagus tapi, kan, kuenya jadi berbahaya jika dimakan. Kalau harus menggunakan bahan kayu, pakailah sumpit, spaghetti atau tusuk gigi."

Sculpted Cake Buatan Sendiri

Ingin membuat Sculpted Cake sendiri? Perlu kesabaran dan ketelitian saat mengerjakannya. Jika melakukannya karena hobi, hasilnya pasti akan lebih memuaskan. Dewi Anwar pun membagi kreasinya.

Cara Membuat:

1 Potong kue jadi 2 bagian, yang satu lebih besar dari yang lain. Bagian kecil ditaruh di atas yang bagian besar. Lalu bentuk seperti mobil, rapikan menggunakan pisau tajam.

2 Tipiskan adonan fondant merah setebal 3 mm, lalu angkat menggunakan pralon. Tutupi kue mobil dengan fondant, usahakan jangan sampai ada lipatan. Rapikan dengan pisau jika ada bagian yang berlebih, lalu haluskan dengan smoother.

3 Bentuk persegi panjang dari fondant hitam, tutupi bagian bawah mobil seluruhnya. Sebelumnya, olesi dengan air agar fondant menempel di badan mobil.

4 Bentuk persegi panjang dari fondant merah untuk spoilernya. Agar menempel, masukkan sphagetti kering. Dalam kondisi normal butuh 5 sphagetti kecil, sementara fondant lembek butuh lebih banyak. Tusukkan ke badan mobil.