Hati-Hati Tanggapi SMS Spam Jebakan yang Bisa Berujung Penipuan

By nova.id, Kamis, 12 Januari 2012 | 23:54 WIB
Hati Hati Tanggapi SMS Spam Jebakan yang Bisa Berujung Penipuan (nova.id)

Hati Hati Tanggapi SMS Spam Jebakan yang Bisa Berujung Penipuan (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Belakangan ini banyak SMS sampah (Spam) yang mampir di perangkat telepon genggam. Dari yang menawarkan barang, jasa, hingga minta transfer pulsa maupun uang. Hati-hati, jangan-jangan itu sebuah jebakan!

Pasca dihapuskannya SMS premium yang "menjebak" pelanggan telepon seluler, belakangan malah muncul modus baru. Pelanggan telepon seluler banyak menerima SMS sampah. Yang menyebalkan, SMS 'tak penting' itu kerap datang tak kenal waktu. "Saya pernah dapat SMS penawaran KTA (Kredit Tanpa Agunan, Red.) pada jam 02.00 pagi," kata Ahmada, seorang guru di Tangerang Selatan.

Kalau sekadar tawaran pinjaman mungkin suatu saat akan berguna. Tapi berbagai SMS tersebut banyak yang berupa jebakan berujung upaya penipuan. Misalnya, SMS minta pulsa yang jamak sering kita terima seperti, "Isiin dluh pls 50 ribu. 085399694515. Bsk sy byr. skrg pentig. dr NURUL."

Heran, bagaimana SMS seperti ini bisa nyasar ke handphone kita? Rupanya SMS model seperti ini dikirim "rombongan" alias spam ke banyak nomor secara acak dengan dua cara, menggunakan provider yang menyediakan ratusan bonus SMS atau lewat internet. Di jagad maya memang tersedia banyak layanan yang mengizinkan orang mengirim SMS secara gratis. Payahnya, jika memang dikirim lewat internet pelaku bisa menyembunyikan identitasnya sehingga susah dilacak.

Pasang Perangkap

Model lain dari SMS "Mama Minta Pulsa" adalah SMS yang tiba-tiba mengirimkan sebuah nomor rekening. Modusnya, sang penipu meminta kita mengirim uang ke nomor rekening tersebut, tanpa mencantumkan jumlah uangnya. Tentu saja penipuan model ini banyak menjebak orang-orang yang memiliki usaha. Seperti Wenny, contohnya, seorang pembuat kue di Pluit. Beberapa hari lalu ia tiba-tiba ia mendapat SMS berbunyi, "Uang dikrm di no ini: BNI a/n ANDI AMRAN norek 0239549040. Tolong SMS kalau sudah kirim."

Untungnya hari itu ibu dua anak ini tidak sedang deal untuk transaksi sehingga tidak terkecoh dan yakin bahwa ini SMS jebakan untuk penipuan. Apa jadinya jika Wenny yang memang sering melakukan transfer uang lewat bank ini sedang menunggu kongsinya mengirim nomor rekening?

Jebakan lain adalah menawarkan barang dengan harga murah. Barang yang ditawarkan bisanya gadget yang harganya sangat mudah dicek di pasar. Seperti BlackBerry, iPhone, iPad dan smartphone lainnya. Mereka menawarkan dengan harga miring, selisihnya bisa sampai Rp 1 juta!

Dalam SMS itu juga disertakan link situs toko online yang biasanya dibuat di website gratisan. Di website tersebut seolah-olah penipu punya stok dagangan yang banyak. Ia juga tak segan menampilkan tokonya agar calon korban yakin bahwa pengirim benar-benar punya toko.

Ketika si penerima SMS kepincut dan menghubungi nomor yang dimaksud, ibarat ia sudah mulai masuk perangkap. Nah, ketika memasuki pembicaraan transaksi korban akan digiring untuk mentransfer uang dan penipu berjanji akan mengirim barang pesanan. Bisa dipastikan, setelah uang ditransfer, barang tak bakal datang.

 Yang sekarang sedang marak adalah penipuan pura-pura jual tiket pesawat murah. Saat ini sudah banyak laporan korban yang masuk ke Bank Indonesia. Model penipuan via SMS ini memang sangat meyakinkan. Mereka mengirim penawaran tiket pesawat dengan harga murah. Nah, ketika dihubungi nomor pemesanan, maka penipu akan bertanya tujuan, nama, umur, dan lainnya. 

Data-data itu kemudian digunakan untuk melakukan booking ke perusahaan penerbangan. Setelah itu, agar meyakinkan kode booking diberikan ke korban. Ketika korban mengecek ke maskapai penerbangan pun benar ada pemesanan tiket yang dimaksud. Tak heran banyak yang langsung mentrasfer uang ke penipu, begitu mengecek, namanya sudah tercatat sebagai penumpang untuk tujuan tertentu. Padahal begitu uang ditransfer, buru-buru penipu membatalkan booking tersebut. Dan korban pun biasanya tahu ditipu saat akan berangkat ke tempat tujuan. Apes!