Laris-Manis Bisnis Mobil Mudik (2)

By nova.id, Kamis, 18 Agustus 2011 | 02:05 WIB
Laris Manis Bisnis Mobil Mudik 2 (nova.id)

Laris Manis Bisnis Mobil Mudik 2 (nova.id)

"Ini salah satu mobil yang disewakan Tami Rent Car (Foto: Moonstar Simanjuntak) "

Pilah-Pilih Transportasi Tepat Untuk Mudik

Sebelum mengepak koper, perhitungkan dulu kelebihan dan kekurangan moda transportasi yang akan Anda pakai untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Pesawat

Harga tiket pesawat memang melambung tinggi menjelang Lebaran tiba. Namun, masih banyak orang yang memburu tiketnya lantaran banyak waktu yang bisa dihemat oleh pesawat bila dibandingkan dengan armada lain. Untuk menyiasati harga yang mahal, cobalah memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Siapa tahu Anda beruntung mendapat tiket dengan harga miring. Kelemahan armada ini, tentu saja, Anda harus memikirkan akan memakai alat trasportasi apa di tempat tujuan nanti.

Kereta Api

Transportasi ini jadi pilihan sebagian besar pemudik karena biayanya lebih irit dan bisa membawa banyak barang tanpa dikenakan biaya tambahan. Stasiun juga rata-rata berada di pusat kota sehingga mudah mencapai tempat tujuan. Anda pun tak perlu penat menghadapi kemacetan jalanan. Namun dari semua kelebihan yang ada, kereta juga memiliki kekurangan, seperti tingkat kriminalitas yang cukup tinggi dan sistem pemesanan tiket online yang masih susah diakses.

Mobil

Menggunakan mobil pribadi tentu jauh lebih irit ongkos. Kelemahannya, Anda harus punya energi ekstra untuk mengendarai mobil menembus kemacetan yang biasanya sangat panjang. Karena sudah mengenal dengan baik kondisi kendaraan sendiri, Anda tak akan dipusingkan dengan kendala soal mesin. Menggunakan mobil juga mengizinkan Anda mengatur waktu beristirahat dengan lebih bebas.

Jika memilih menyewa mobil, pastikan Anda memilih jenis mobil yang tepat untuk jumlah calon penumpang, barang bawaan, dan jalan yang akan dilalui. Memilih jenis mobil yang tepat akan berpengaruh pada pengeluaran untuk bahan bahan bakar dan harga sewa. Perhatikan dengan seksama perjanjian sewa-menyewa yang ditetapkan pemilik mobil.

Cermati hak dan kewajiban Anda sebagai penyewa. Jangan lupa untuk selalu mengecek ulang kondisi mobil, AC, aki, dan ban mobil. Perhatikan pula premi asuransi yang tersedia. Jika terjadi risiko, apakah premi itu hanya melindungi mobil atau termasuk Anda sebagai penyewa. Yang tak kalah penting, simpan nomor telepon pemilik mobil untuk berjaga-jaga bila Anda menemui kendala tak terduga.

Motor

Kendaraan roda dua memang sepertinya praktis untuk mudik. Selain lincah berkelit dari kemacetan, Anda juga bisa mencari alternatif jalan pintas yang tak bisa dilalui mobil. Namun, ingatlah, motor tak dapat membawa beban terlalu berat. Anda juga pasti lebih lelah karena posisi duduk monoton dan harus terus konsentrasi terhadap jalan. Yang tak kalah penting untuk diingat, risiko di jalan sangat besar bagi pengendara motor. Apalagi yang nekat membawa anak-anak.