Peluang Usaha Mudah dan Murah (1)

By nova.id, Kamis, 24 Februari 2011 | 17:07 WIB
Peluang Usaha Mudah dan Murah 1 (nova.id)

Peluang Usaha Mudah dan Murah 1 (nova.id)
Peluang Usaha Mudah dan Murah 1 (nova.id)

"Foto: Dok Nova "

Kelompok Tani Cempaka Andalan Jahe Instan

Berawal dari aktif sebagai kader Posyandu di lingkungan tempat tinggalnya di Salemba, Jakarta Pusat, Lia Muliani (47) justru merintis usaha herbal yang cukupberhasil. Sejumlah kader Posyandu itu membentuk beberapa kelompok, salah satunya Kelompok Tani Cempaka (KTC) yang diketuai Lia.

Kegiatan KTC, yaitu mengembangkan manfaat toga sesuai pelatihan dari Departemen Pertanian setiap sebulan sekali. "Kami diberi pelatihan sejak 1993. Awalnya dari menanam, setelah itu dilatih mengolahnya menjadi obat, makanan, dan lain-lain," kisah Lia.

Kelompok Lia memfokuskan minat pada olahan herbal, "Karena tanamannya sudah ada, jadi kami olah agar memudahkan untuk dikonsumsi. Kami memilih mengolah jahe karena bahan bakunya mudah didapat dan lebih mudah diolah." Mulailah Lia dan kelompoknya membuat jahe instan secara manual.

Jahe instan ini lalu dikemas dalam plastik dan dijual di lingkungan tempat tinggalnya seharga Rp 500 per bungkus. Rupanya, tanggapan warga cukup baik, Lia pun percaya diri untuk memproduksi lebih banyak dan memasarkannya lebih luas lagi. "Hanya saja, dari 10-an anggota kelompok tani, hanya saya yang serius menjadikan ini sebagai usaha sampai sekarang," kata Lia yang kini memiliki 6 pegawai.