Mata Gelap Capek Dipukuli (1)

By nova.id, Selasa, 15 Februari 2011 | 17:06 WIB
Mata Gelap Capek Dipukuli 1 (nova.id)

Mata Gelap Capek Dipukuli 1 (nova.id)
Mata Gelap Capek Dipukuli 1 (nova.id)

"Karminah ragu, apakah mungkin ayahnya yang pernah terkena stroke bisa memukuli Su (Foto: Henry Ismono) "

Terus Dirayu

Entah kenapa, saat itu aku merasa ingin melawan. Ingin berontak. Aku pun gelap mata. Kuambil minyak tanah dan kutuangkan ke dalam gayung lalu kusiramkan ke tubuh Bapak yang sedang tiduran di kamar. Lalu kunyalakan korek api, dan wussss... dalam sekejap tubuh Bapak terbakar. Ia menjerit kesakitan. Saat itulah aku sadar dan menyesal. Aku lari ke luar rumah untuk minta tolong. Ada tetangga yang menolong, memadamkan api di tubuh Bapak.

Bersama tetangga pula, aku sempat membawa Bapak ke rumah sakit, naik becak. Karena luka bakarnya parah, Senin (7/2) Bapak meninggal dunia. Meski semula mengingkari perbuatanku, akhirnya aku mengaku kepada polisi dan ditahan.

Di dalam penjara, aku kerap menyesali yang telah terjadi. Tak kuduga pernikahanku dengan Bapak malah berakhir seperti ini. Padahal, ketika dinikahi Bapak secara siri setahun lalu, aku berharap dapat hidup tenang. Kami, kan, sudah sama-sama tua. Aku bisa merawatnya, sebaliknya dia membantu menafkahi hidupku.

Sebelum menikah dengan Bapak, aku janda tanpa anak. Selama ini, aku memang jualan nasi jagung. Aku yang berasal dari Lumajang, mengontrak rumah kecil yang sederhana, juga di kawasan Bapak tinggal. Tiap hari ia membeli sebungkus nasi jagung. Dari perkenalanku dengan Bapak, aku tahu ia pensiunan PJKA, duda cerai, dan punya empat anak yang sudah mandiri. Ia tinggal sendiri di rumahnya.

Suatu kali dia mengajakku menikah, kutolak. Tapi, ia terus merayu hingga akhirnya aku luluh dan bersedia dinikahi siri. Soalnya, kata Bapak, kalau kawin resmi, dia merasa tak enak kepada anak-anaknya, khawatir aku dibilang mau minta rumah warisan Bapak setelah dia meninggal nanti. Padahal, aku menikah dengannya bukan karena ingin hartanya. Aku hanya ingin hidup tenang.

Sifat Asli