Pangeran William-Kate Middleton, Tunangan Dongeng Itu Jadi Kenyataan

By nova.id, Minggu, 28 November 2010 | 17:00 WIB
Pangeran William Kate Middleton Tunangan Dongeng Itu Jadi Kenyataan (nova.id)

Pangeran William Kate Middleton Tunangan Dongeng Itu Jadi Kenyataan (nova.id)
Pangeran William Kate Middleton Tunangan Dongeng Itu Jadi Kenyataan (nova.id)

"Cincin pertunangan bertatahkan batu safir biru warisan Putria Diana yang amat terkenal. "Sangat cantik,"ujar Kate mengagumi cincin pertunangan itu (Foto: Getty Images) "

Cincin Lady Di

Setelah berpacaran selama hampir 8 tahun, William akhirnya memantapkan hati untuk melamar Kate. Di sela-sela liburan bersama teman-teman dekat mereka di Kenya, Afrika, William meminta Kate menerima pinangannya.

"Sebelumnya memang kami sudah sering membicarakan pernikahan, jadi ini bukanlah kejutan besar. Aku membawanya ke sebuah tempat yang romantis di Kenya, lalu melamarnya," cerita William.

Sengaja, William memberi Kate cincin pertunangan milik mendiang ibunya dulu. Di tahun 1981, Pangeran Charles melamar Putri Diana dengan cincin itu. Saat itu, harga cincin cantik itu diperkirakan 65 ribu dolar AS atau sekitar Rp 581 juta. Kini, 29 tahun kemudian, cincin itu tentu sudah tak ternilai lagi harganya.

"Sebelum benar-benar melamar Kate, aku membawa-bawa cincin itu di dalam tas selama 3 minggu. Ke mana pun aku pergi, cincin itu selalu kubawa. Kalau cincin itu sampai hilang, tamatlah riwayatku," cerita William.

Alasan lain mengapa William memilih cincin warisan itu untuk tunangannya adalah untuk mengenang sang ibu. "Karena beliau tak ada untuk berbagi semua kebahagiaan, ini adalah salah satu caraku untuk membuat ibu tetap terasa dekat," lanjut pria bergelar Prince of Wales itu.

Sebetulnya, cincin Diana ini tidak diwariskan kepada William, namun kepada sang adik, Pangeran Harry. Setelah kematian tragis putri Diana pada 1997, Pangeran Charles membawa William dan Harry ke kediaman Diana di Kensington Palace. Di sana, kedua bersaudara itu diperkenankan memilih kenang-kenangan dari benda-benda milik Diana. Harry memilih cincin safir oval itu, sementara William mengambil jam tangan emas kuning 18 karat dengan merek Cartier Tank Francaise. Jam tangan itu dulunya sering dipakai Diana untuk mengajari William tentang waktu.

Lantas, bagaimana cincin yang sudah jadi millik Harry bisa berakhir di jari manis Kate Middleton? "Harry berpikir, siapa pun perempuan yang akan duduk di samping raja pantas mengenakan cincin itu. Itulah yang pasti diinginkan Diana," ujar sumber di kerajaan. William saat ini adalah calon pewaris tahta kedua Kerajaan Inggris setelah ayahnya, Pangeran Charles.