Ibu Rendah Hati Itu Tewas, Diduga Dianiaya Suami (1)

By nova.id, Senin, 1 Maret 2010 | 02:34 WIB
Ibu Rendah Hati Itu Tewas Diduga Dianiaya Suami 1 (nova.id)

Ibu Rendah Hati Itu Tewas Diduga Dianiaya Suami 1 (nova.id)
Ibu Rendah Hati Itu Tewas Diduga Dianiaya Suami 1 (nova.id)

"Aku hanya bisa menerima kepergian Reni dengan ikhlas, demi ketiga cucuku (Foto: Sita Dewi/Nova) "

Tertutup Dan Cuek

Hampir setiap hari aku bertemu Reni. Selain karena rumah kami berdekatan, sekolah kedua cucuku memang dekat dengan rumahku. Biasanya, setelah mengantar anak-anaknya sekolah, Reni mampir ke rumah untuk makan atau sekadar ngobrol.

Reni dan keenam anakku yang lain juga sering berkumpul di rumahku, di perumahan Pondok Jaya. Mereka, ditambah 16 orang cucu, membuat rumah yang kutinggali berdua suami jadi ramai bukan main. Mereka semua tampak gembira saja. Setiap acara kumpul-kumpul, Joseph jarang ikut serta. Hanya di momen-momen penting saja, seperti perayaan ulang tahunku. Bila kutanya Reni, ia jawab Joseph masih tidur, sedang main golf, atau memang tak mau datang.

Yang jelas, Reni sangat dekat denganku. Tapi, sejak menikah dengan Joseph, ia jadi pribadi yang tertutup. Pada dasarnya, ia memang tak mau mengecewakan dan menyusahkan orang lain. Mungkin juga ia berusaha keras untuk membahagiakan Joseph meski mereka banyak masalah. Entahlah. Hanya mereka berdua dan Tuhan yang tahu.

Aku masih ingat, mereka bertemu saat sama-sama kuliah di Universitas Brawijaya, Malang. Tahun 1994, mereka menikah. Sejak berpacaran hingga sekarang, perangai Joseph tak pernah berubah. Tertutup, diam, dan cuek. Bila ditanya soal bisnis, ia baru mau buka mulut.

Setelah menikah, Reni sempat bekerja di bank swasta di Surabaya, sementara Joseph bekerja di Batam. Sampai akhirnya mereka pindah ke Jakarta dan membangun rumah di Kompleks Deplu, tak jauh dari rumahku. Mereka berdua menjadi wirausahawan yang berhasil.

Rumah berdekatan tak membuat perangai Joseph berubah. Ia masih juga jarang berkunjung. Padahal, bagiku, ia bukan lagi anak menantu, tapi sudah kuanggap seperti anak kandungku sendiri. Setelah menikah, mereka dikaruniai tiga anak, Leonardo Agastia Wisnumurti Refo (15), Yosefine Emily Refo (9), Francisco Aryobimo Refo (5), tapi tabiat cueknya masih saja ada. Reni yang lebih banyak mengurus anak-anak. Makanya, mereka bertiga sangat terpukul atas kepergian ibunya.

Saat insiden itu terjadi Sabtu subuh, Leo dan Emily sedang menginap di rumah pamannya. Apakah Joseph memang sudah merencanakan hal itu, aku tak mau berburuk sangka. Pembantu rumah tangga dan satpam yang bekerja di rumah itu pun tak tahu saat terjadi keributan di kamar Joseph dan Reni. Hanya setelah Joseph menggotong tubuh Reni yang sudah kaku ke lantai bawah, pembantu lalu membantu Joseph memasukkan tubuh Reni ke mobil.