Mau Gaji Pembantu Infal Lebaran Murah? Lakukan Hal Ini

By , Sabtu, 2 Juli 2016 | 03:30 WIB
Tips mendapatkan gaji pembantu infal Lebaran murah yang ramah kantong (Nova)

Lebaran memang masih sekitar satu mingguan lebih, tapi para pembantu rumah tangga (PRT) pasti juga sudah menyiapkan diri untuk mudik ke kampung halamannya dalam beberapa waktu dekat. Ingin mengerjakan semua pekerjaan rutin rumah tangga, kok, rasanya berat dan repot, ya? Apalagi Anda pun harus memastikan segala persiapan rumah menjelang Lebaran lengkap tersedia.

Nah, bagi Anda yang merasa memerlukan jasa pembantu infal Lebaran, mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mencari-cari mana pembantu infal Lebaran dengan harga yang tentunya ramah kantong, setuju, kan?

Gaji pembantu infal Lebaran murah dapat disiasati lewat berbagai cara seperti yang akan tabloidnova.com paparkan berikut:

Baca: Bocoran Gaji Pembantu Infal Lebaran 2015, Perlu Tahu!

Orang terdekat Istilah kerennya ialah inner circle atau lingkaran orang terdekat yang ada hubungannya dengan PRT in-house Anda, misalnya adiknya, kakaknya, bibinya, keponakannya atau sepupunya. Jika memang si PRT punya teman dekat yang ternyata memutuskan tidak mudik saat Lebaran, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu calon pembantu infal Lebaran di rumah.

Mengapa harus mencari penyalur pembantu infal Lebaran dari orang terdekat? Alasannya, selain akan sangat memungkinkan menawar harga sesuai bujet kita, Anda pun dapat meminta bantuan pada si PRT in-house untuk membujuknya sambil menjelaskan rincian tugas agar proses kerja jadi lebih mudah dan lancar.

Cek terlebih dulu gaji pembantu infal Lebaran di luaran dan di kawasan perumahan Anda agar bisa bernegosiasi harga gaji yang sesuai kantong. Ingat, jangan kelewat sadis menawar harga, daripada terlalu murah dan si calon pembantu infal enggan, Anda yang justru akan kerepotan nanti.

Baca: Penting! Antisipasi Awal Saat Pembantu Rumah Tangga Mudik Lebaran

Seumpama standar gaji pembantu infal di luaran berkisar Rp 60 ribu, maka cobalah menawar harga sekitar Rp 45 sampai 50 ribu, namun dengan menjelaskan secara halus bahwa pekerjaan di rumah Anda lebih santai dan ringan.

Kesempatan bekerja lebih dari satu pintu Umumnya pembantu infal Lebaran memanfaatkan momen ini untuk mematok harga setinggi-tingginya karena sadar akan posisinya yang sedang dibutuhkan. Nah, cobalah berdamai dengan diri sendiri, jika PRT in-house Anda tidak diperbolehkan bekerja di luar karena beban pekerjaan yang banyak dan berat, tidak ada salahnya memberikan peraturan lebih longgar dengan tujuan menghemat biaya.

Katakan pada si calon pembantu infal bahwa ia diperbolehkan kerja selain di rumah Anda agar ia bisa mendapatkan uang lebih. Jelaskan semua tugas rumah yang mesti ia kerjakan sekaligus jadwal yang detail agar ia pun bisa mengatur waktu kerja.

Baca juga: Inilah Jadwal 4 Minggu Bersih-Bersih Rumah Jelang Lebaran

Contohnya, ia bekerja menyapu, menyeterika pakaian, mencuci dan mengepel dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 12, sehingga setelahnya ia bisa bekerja di tempat lain tanpa harus kehabisan waktu dan tenaga.

Lebih sedikit lebih murah Jangan ragu mengurangi daftar pekerjaan si calon pembantu infal untuk menghemat pengeluaran gajinya. Bila biasanya si PRT in-house memiliki 10 daftar pekerjaan yang terdiri dari 6 pekerjaan berat dan 4 pekerjaan ringan, maka hapus si bagian pekerjaan ringan yang dapat Anda lakukan sendiri agar biaya gaji pembantu infal Lebaran lebih murah.