Kamus Kecil Membuat Cake

By nova.id, Rabu, 22 Juni 2011 | 12:15 WIB
Kamus Kecil Membuat Cake (nova.id)

Kamus Kecil Membuat Cake (nova.id)

"Foto: Fadoli "

Apa saja, sih, bahan-bahan utama yang dibutuhkan dalam membuat kue? Simak yang berikut ini.

Fondant

Nama lainnya, rolled fondant, plastic icing, ataupasta gula. Karakteristiknya cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan dan rasanya manis. Fondant  biasa digunakan sebagai bahan dekorasi cake. 

Genoise

Genoise sponge asal Eropa ini cenderung kurang manis sehingga Anda harus menambahkan sirop. Teksturnya sangat lembut, jadi usahakan jangan memadukan fondant dengan genoise. Namun, ia pas dipadukan dengan aneka filling dan icing seperti whipped cream.

Marzipan

Bentuknya sama dengan fondant, namun rasanya lebih enak karena ditambahkan almond bubuk. Cara menggunakannya sama saja dengan  fondant. Sebagai catatan, harganya cenderung lebih mahal dari  fondant, sehingga marzipan jarang digunakan. 

Ganache

Ganache adalah campuran krim dan cokelat. Agar sukses memakaianya, sebelum dituangi ganache, oles terlebih dahulu cake dengan sedikit butter cream, tuangkan ganache sesegera mungkin setelah ia selesai dibuat.Lalu masukkan cake ke dalam kulkas supaya beku. Dengan cara ini, butter cream tidak mencair sekalipun disiram  ganache yang panas. 

Butter Cream

Dibuat dari campuran mentega putih dan gula halus yang dikocok terlebih dahulu lalu diberi warna sesuai kebutuhan. Butter cream ini murah tapi enak dan bagus untuk menghias cake. Ssstt, Anda bisa membentuk aneka hiasan dari butter cream, dari bentuk pita, bunga, karakter dan lain-lain.