Sheila Madjid: Musik Bukan Politik

By nova.id, Sabtu, 19 Februari 2011 | 17:08 WIB
Sheila Madjid Musik Bukan Politik (nova.id)

Sheila Madjid Musik Bukan Politik (nova.id)

"Sheila Madjid (Foto: Icha) "

Seperempat abad sudah Sheila Madjid (46) mendedikasikan hidupnya untuk bernyanyi. Selama itu, kualitas vokal dan penampilannya semakin berkilau. Namun begitu, ia tetap sosok yang rendah hati dan ramah.

Anda terlihat makin bersinar, apa rahasianya?

Usia saya memang sudah 46 tahun tapi saya tidak ada rahasia khusus. Saya hanya melakukan segala sesuatunya secara sederhana. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Tidak ada gunanya memakai riasan tebal karena kalau kita sehat, itu akan terlihat. Saya menjaga kesehatan karena ini 'periuk nasi' saya. Saya harus bekerja keras karena keberhasilan saya hari ini tidak datang dengan sendirinya. Oleh karena itu, saya harus menjaga stamina.

Caranya?

Saya, tiga kali seminggu, cardio untuk menjaga stamina dan pilates dua kali seminggu. Jadi, ada lima kali sesi latihan dalam seminggu. Saya melakukan itu semua sebagai bagian dari pekerjaan. Saya hanya berusaha agar saya tetap sehat dan bernyanyi dengan sebaik-baiknya. Tetapi, suara saya adalah anugerah dari Tuhan.

Kalau saya sehat, saya bisa bernyanyi dengan baik. Kalau tidak sehat, saya tidak akan mampu bernyanyi dengan baik. Mungkin juga karena passion saya dalam bernyanyi. Saat saya bernyanyi, orang boleh lihat kalau saya menjiwai lagu-lagu saya dan saya menikmatinya.

Maksudnya?

Kalau kita meminati sesuatu, itu tidak akan mati. Saya menasehati anak-anak saya untuk melakukan apa yang sangat mereka sukai. Dan saya sendiri, saya sangat suka menyanyi dan tidak pernah lelah untuk melakukannya dan saya sangat menikmatinya

Namun, 25 tahun berkarya bukanlah waktu yang sebentar, kan?

Sekali lagi, menyanyi merupakan passion saya. Mungkin karena itulah, sampai hari ini, saya masih disini. Ini bukan Hollywood, ini kenyataan. Pekerjaan saya memang pekerjaan yang menuntut kesempurnaan, tetapi inilah pekerjaan saya. Jadi, kalau mau 'periuk nasi' saya berkembang dengan sehat dan ke arah yang baik, maka harus kerja keras. Lakukan dengan ikhlas dan jujur. Dan tentu saja, harus ada minat.

Apa yang menginspirasi  Anda dalam berkarya?

Dalam keseharian saya, yang menginspirasi saya adalah apa yang saya lihat di sekitar saya. Kalau saya menyanyi di atas panggung, saya akan memperhatikan penonton saya. Mereka mungkin tidak menyadarinya, tapi saya melakukannya. Apa yang saya lihat itu terkadang saya jadikan materi lagu saya. Menurut saya, hal itu sangat menarik