Kulit Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa, Tentu Bisa!

By , Senin, 13 Juli 2015 | 09:00 WIB
Ikuti langkah berikut untuk raih kulit tetap sehat dan segar saat berpuasa. (Nova)

Seharian berpuasa sambil menjalani segudang aktivitas tentu menguras banyak tenaga. Selain itu, bagi sebagian orang, saat berpuasa menimbulkan problem kekeringan atau dehidrasi pada kulit dan pecah-pecah pada bibir.

Hal ini wajar terjadi karena berkurangnya asupan cairan dalam tubuh sehingga tekstur kulit menjadi lebih kering, kasar, kusam dan berkurang kekenyalannya. Dengan penampilan kulit kusam, kepercayaan diri pun bisa berkurang.

Bila Anda mengidamkan kulit tetap sehat dan segar saat berpuasa, tentu saja bisa. Simak tips-tips berikut ini.

1. Gunakan Pelembap Wajah

Mengingat saat berpuasa cairan yang terdapat dalam tubuh banyak berkurang, sebaiknya tak lupa menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan alami wajah.

Agar kulit tetap sehat dan segar saat berpuasa, pakailah baik saat Anda beraktivitas di dalam ataupun di luar ruangan. Pelembap akan memaksimalkan fungsi kolagen karena berperan seperti spon yang menyerap kadar air lalu menahannya, sehingga kulit selalu dalam keadaan lembap dan halus. Aplikasikan pelembap setiap pagi dan siang hari pada wajah dan leher.

2. Jaga Kekenyalan Kulit Wajah dengan Masker

Selain pelembap, gunakan pula masker wajah untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Selain itu, masker juga berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati yang berada di permukaan kulit. Pilih masker sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda, terutama yang dapat memberikan kadar air cukup bagi kulit, misalnya memiliki kandungan hydroliftine .

3. Oleskan Losion Tubuh

Oleskan losion tubuh setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur supaya kulit tetap sehat dan segar saat berpuasa. Jika kulit terasa sangat kering, pilih losion tubuh yang memiliki tekstur creamy , karena selain bisa melembapkan kulit lebih lama.

4. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Kesegaran kulit wajah dan tubuh terutama diperoleh dari jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh. Rata rata tubuh membutuhkan 10 gelas air setiap harinya. Pada bulan puasa, tidak ada cara lain untuk memenuhinya kecuali minum air putih sebanyak Anda mampu pada saat berbuka dan sahur. Cara lainnya, santap hidangan berkuah, sayur, dan buah-buahan.

Baca: 4 Perawatan Wajah Wajib Jelang Lebaran

5. Hindari Terlalu Banyak Minum Teh dan Kopi

Dianjurkan jangan terlalu banyak minum teh dan kopi. Kedua minuman ini mengandung kafein yang bersifat diuretik, yaitu mendorong pengeluaran air seni sehingga mengurangi cairan tubuh.

6. Siapkan Face Mist/Face Spray

Face mist/face spray mengandung air mineral yang bisa membantu mengatasi masalah wajah yang mulai terasa kering atau tidak segar lagi. Siapkan sebotol kecil di tas Anda. Semprotkan secukupnya pada wajah jika diperlukan, dan apabila Anda tidak terburu-buru biarkan air mengering sendiri.

7. Cegah Bibir Pecah-pecah dengan Pelembap dan Vitamin

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa berdampak bibir pecah-pecah dan kering. Coba gunakan pelembap bibir yang kaya kandungan vitamin E, susu, madu atau shea butter . Konsumsi vitamin C jika dibutuhkan, atau cukup perbanyak asupan buah dan sayur.

8. Minimalkan Makeup dan Pakai Busana Berbahan Nyaman

Kenakan pakaian dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Agar kulit tetap sehat dan segar saat berpuasalindungi kulit wajah dari sinar matahari. Gunakan pelindung seperti kerudung, payung, kacamata, dan tentu saja, tabir surya.

Aplikasikan make up dalam kombinasi warna yang cerah tetapi tidak terlalu menyolok, agar kulit terkesan segar dan berseri. Pilih makeup dengan kandungan yang tak membuat kulit kering.

 

Ita Adnan