Tips Memilih Mesin Cuci, Top Loading atau Front Loading?

By , Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:13 WIB
Bingung antara memilih mesin cuci top load atau front load? Ini panduannya. (Nova)

NOVA.id - Jika sebelumnya pilihan mesin cuci untuk digunakan di rumah lebih didominasi oleh model mesin cuci top loading yang bukaannya berada di atas, kini pilihan ditambah dengan jenis front loading yang memiliki bukaan di bagian depan.

Dalam sekali pandang, perbedaan di antara keduanya jelas terlihat. Namun ternyata pembeda di antara keduanya bukan semata desain saja, lho.

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci baru, lebih baik baca dulu perbedaan antara mesin cuci bukaan atas (top-loading) dan mesin cuci bukaan depan (front-loading) berikut ini.

Cara Kerja Mesin Cuci

Top-Loading

Mesin cuci jenis ini menggunakan agitator yaitu bahan plastik yang berada di tengah bawah tabung, berfungsi untuk mengolah pakaian dan memutarnya hingga bercampur dengan air dan sabun.

Setelah pakaian bercampur dengan air sabun, Pakaian Anda akan bercampur dengan air dan sabun deterjen, lalu dibilas lagi dengan air bersih untuk menghilangkan sabun cuci.

Pada jenis ini, tabung cuci bergerak secara vertikal.

Selain itu, mesin cuci bukaan depan ini memungkinkan Anda memasukkan kembali pakaian yang tertinggal ketika proses pencucian sudah dimulai.

Sehingga apabila ada satu saja pakaian yang lupa dimasukkan, Anda tak perlu menunggu hingga proses pencucian berikutnya.

Front-Loading

Sementara mesin cuci front-loading tidak menggunakan agitator untuk “mengolah” pakaian.