Keahlian yang Harus Dikuasai Anak Balita

By nova.id, Senin, 31 Agustus 2015 | 08:20 WIB
Simak daftar keahlian yang harus dikuasai balita ini, sehingga Anda mulai bisa mengajarkannya pada buah hati. (nova.id)

Anak terlahir secara berbeda-beda, ditambah dengan pola pengasuhan yang diterapkan padanya. Maka tak heran bila setiap manusia hidup dengan cara pandang dan tingkah pola yang sangat berbeda satu sama lain. Sebagai orangtua, tentu kita menginginkan buah hati tumbuh sebagai pribadi yang baik, bisa menempatkan diri, dan bijak dalam mengambil keputusan. 

Hal-hal tersebut sangat ditentukan oleh kecakapan hidup yang ia miliki sejak dini. Kecakapan hidup atau basic life skill sangat diperlukan anak karena akan menjadi dasar cara ia memandang suatu hal dan landasannya membuat keputusan. Namun, bagaimana melatih kecakapan hidup anak? Kadang kala, kita juga kurang paham bagaimana idealnya perkembangan anak, apa saja keahlian yang harus dikuasai anak usia batita juga balita, dan seterusnya.

"Untuk melatih kecakapan hidup anak, beri anak waktu, ruang, dan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan atau ide barunya. Kemudian arahkan anak untuk memahami keterampilan dan disiplin yang harus diketahui. Selain itu, hendaknya anak diberitahu bahwa tujuan memiliki keterampilan itu adalah agar ia sukses bergaul dan diterima di lingkungan rumah, kelas dan lingkungan yang lebih luas," papar Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si., Kepala Program Studi PGPAUD, Universitas Terbuka.

Baca: Pelajaran Penting tentang Hidup yang Wajib Diketahui Anak

Lantas, apa keahlian yang harus dikuasai anak usia batita atau bisa mulai Anda ajarkan pada batita Anda? Della menyebutkan sebagai berikut.

1. Minum dari gelas menggunakan sedotan.

2. Makan sendiri menggunakan sendok dan garpu sesuai usia.

3. Memegang buku dan membalik halaman buku satu per satu.

4. Mencuci tangan.

5. Menyikat gigi dan mencuci muka dengan sedikit bantuan.

6. Memungut makanan yang mereka jatuhkan.

7. Mengeringkan kaki setelah mencuci kaki.