10 Persiapan Merencanakan Playdate Seru Bersama Anak

By , Senin, 31 Agustus 2015 | 10:50 WIB
Cara membuat playdate yang seru dan bermanfaat (Nova)

Saat ini, istilah playdate semakin marak digunakan para ibu. Apa sebenarnya playdate itu? Sederhananya, playdate adalah saat ketika anak-anak bermain bersama. Misal, Anda dan tema-teman mengajak anak-anaknya berenang, piknik, atau kemping bersama. Biasanya,lokasi tujuan playdates memang yang cocok untuk tempat bermain anak-anak, bukan tempat yang diinginkan orangtuanya (misalnya mall).

Playdate pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengajak para balita berkumpul dengan anak seusianya, maka diharapkan buah hati mulai membangun ikatan dengan orang-orang di luar keluarga intinya.

"Anak-anak akan sangat menikmati waktu bermain dengan teman sebayanya. Meski sepintas, mungkin Anda tak melihat bahwa ia bersemangat bermain dengan lingkungannya. Tapi lebih dari itu, kegiatan ini membuatnya berlatih bertemu dan bergaul dengan orang lain,” kata Roberta Michnick Golinkoff, PhD, penulis A Mandate for Playful Learning in Preschool.

"Jika playdate dilakukan secara regular, maka lama-kelamaan ia akan senang dan mulai menagih aktivitas bersama teman-temannya.”

Ini penting, lo, agar anak mudah bergaul dan tak canggung saat bertemu orang baru. Lebih lanjut, diharapkan anak akan mudah beradaptasi ketika memasuki usia sekolah.

Lantas, bagaimana persiapan merencanakan playdate?

1. Pilih Waktu yang Tepat

Playdate yang diikuti anak balita sebaiknya tak terlalu lama atau terlalu sebentar. Misalnya, 20 menit dirasa terlalu sebentar karena bisa jadi anak membutuhkan waktu “pemanasan” untuk bercengkerama satu sama lain. Kalau hanya 20 menit, bisa-bisa belum saling mengenal sudah keburu pulang.

Tapi, kalau waktunya terlalu lama, misal hingga berjam-jam, mereka bisa jadi malah rewel saking lelahnya.

"Satu jam setengah adalah waktu yang ideal,” kata Jennifer Shu, MD, FAAP, seorang dokter anak di Atlanta.

Pilih waktu ketika anak-anak cukup makan dan cukup istirahat. "Waktu terbaik untuk melakukannya adalah setelah makan tapi sebelum tidur siang,” kata Shu.

2. Tempat yang Menyenangkan