Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Berhenti Pakai Sepatu Hak Tinggi

By , Rabu, 2 September 2015 | 04:00 WIB
Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Berhenti Pakai Sepatu Hak Tinggi (Nova)

Citra cantik, seksi dan elegan akan teralihkan jika kita mengalami sakit, pegal atau rasa tidak nyaman pada bagian kaki ketika mengenakan sepatu hak tinggi. Berbagai alasan lainnya umumnya lebih kepada faktor usia, lokasi acara yang dihadiri serta model busana yang cocok diserasikan bersama sepatu bertumit tinggi.

Selain pertimbangan kesempatan acara, ternyata ini yang terjadi pada kaki jika berhenti pakai sepatu hak tinggi. Nah, apa akibat terlalu sering mengenakan high heels pada kaki? Berikut penjelasannya seperti yang dilansir oleh Women’s Health.

Kaki bertambah panjang Sepatu bertumit tinggi mungkin akan membuat kaki terlihat lebih jenjang, tetapi justru dengan tidak memakainya malah membuat kaki menjadi lebih panjang. Dalam penelitian tahun 2012, diketahui bahwa sering memakai sepatu bertumit tinggi akan membuat langkah kaki lebih pendek, tapi juga otot betis menjadi lebih pendek. Ini terjadi karena saat kita memakai high heels, kaki tidak bisa berada dalam panjang alaminya.

Baca:

Nyeri punggung berkurang Saat memakai high heels bokong kita memang tampak lebih seksi, ini karena bagian panggul lebih miring sehingga bokong menjadi lebih ke belakang. Tetapi hal itu harus dibayar dengan sakit punggung akibat meningkatnya tekanan pada bagian lumbar di tulang belakang.

Ketika kita melepas sepatu bertumit tinggi itu, tulang belakang otomatis akan kembali ke posisinya semula yang lebih nyaman. Tekanan juga berkurang sehingga rasa nyeri punggung ikut mereda.

Baca: Ukuran Sepatu Perempuan Makin Besar?

Tumit terasa sakit Memakai sepatu bertumit tinggi bukan hanya membuat otot betis memendek, tapi juga tendon achilles (bagian bawah dekat tumit). Saat kita menggantinya dengan alas kaki yang datar, maka kaki akan kembali ke lengkungan 90 derajat, sehingga tekanan pada tendon menjadi lebih kuat.

Baca: 5 Tips Praktis Menyimpan Sepatu

Pada orang yang memiliki kondisi plantar fasciitis yang membuat tumit nyeri, mengganti high heels dengan sepatu datar akan meningkatkan rasa nyerinya. Tetapi, setelah beberapa minggu, tendon akan kembali normal dan nyerinya hilang. Tumit pun akan terasa lebih baik dibanding sebelumnya.

Baca: 5 Cara Instan Terlihat Tinggi Semampai Tanpa Sepatu Bertumit

Keseimbangan meningkat Terlalu sering menggunakan high heels akan membuat kita mudah terpeleset atau tersandung, bahkan saat kita memakai sepatu datar. Bertelanjang kaki, akan membantu otot di sekitar tumit kembali ke "desain awalnya". Kekuatan dan keseimbangan kaki pun lebih baik.