Sering Cemburu dengan Pasangan? Ini Dia Manfaat Positifnya!

By nova.id, Senin, 14 September 2015 | 07:02 WIB
Sering Cemburu dengan Pasangan? Ini Dia Manfaat Positifnya! (nova.id)

Kesal karena pasangan bertemu dengan mantan pacar secara tidak disengaja atau sebal karena pasangan harus memiliki rekan kerja lawan jenis tentu lumrah kita rasakan saat menjalin sebuah hubungan. Tidak hanya masalah percintaan, namun sikap cemburu juga kerap muncul di lingkungan kerja dan keluarga. Ketimpangan atau perasaan khawatir tersisih atau dilupakan rentan membuat kita merasa cemburu.

Jika berlebihan, sikap cemburu sebenarnya tidak baik, namun dibalik anggapan miringnya, ternyata cemburu punya manfaat positifnya. Ini dia 3 manfaat cemburu bagi diri sendiri dan hubungan.

Cemburu menguatkan hubungan Ini nyata. Dalam sebuah hubungan, cemburu menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Ketika kita melihat pasangan kita bersama orang lain, tentunya kita akan cemburu. Hal ini tidaklah salah, karena ini menujukan bahwa kita benar-benar mencintainya. Ketika kecemburuan hadir, kita akan saling membicarakannya dan secara tidak langsung ini menguatkan hubungan. Namun, jangan sampai cemburu yang berlebihan, yak arena itu justru akan merusak hubungan.

Baca: Duh, Suami Aniaya Istri Gara-gara Cemburu

Cemburu menjadi jendela untuk jiwa kita Perasaan cemburu dapat menunjukan karakter tentang diri kita. Untuk menemukan karakter diri, kita bisa memulai dengan bertanya pada diri sendiri mengapa kita cemburu, kemudian bertanya seberapa sering kita cemburu, dan teakhir untuk apa kita cemburu terhadap seseorang atau sesuatu. Dengan ini semua, kita akan belajar lebih untuk mengetahui karakter diri yang sesungguhnya.

Baca: Cemburu Tak Selalu Negatif, Kok!

Cemburu menjadi kekuatan untuk sukses Cemburu biasanya juga sering muncul karena kita melihat keberhasilan orang lain. Mungkin ada perasaan iri, namun tidak berarti kita harus merasa pesimis atau merasa tidak bisa berbuat apa-apa. Justru, hal tersebut dapat meningkatkan usaha kita untuk melakukan sesuatu yang lebih baik, sehingga mendapatkan keberhasilan yang sama bahkan lebih dari orang lain. Jadi, kecemburuan bisa menjadi motivasi kita.

Baca: Cemburu, Anak Tiri Jadi Pelampiasan

Nah, secara tidak sadar nyatanya cemburu memang memiliki manfaat positif kan untuk diri kita? Terpenting adalah kita harus mampu menguasai diri sendiri dan selalu memanfaatkan setiap hal di dalam hidup dengan lebih baik. Setuju?

Monalisa Darwin/intisari-online.com Sumber: magforwomen