Perawatan Tepat untuk Atasi 5 Masalah Daerah Ketiak

By , Sabtu, 19 September 2015 | 04:45 WIB
Perawatan Tepat untuk Atasi 5 Masalah Daerah Ketiak (Nova)

Daerah ketiak memiliki struktur kulit yang berbeda dengan area tubuh lain dan merupakan bagian kulit sensitif sehingga membutuhkan perawatan serta perhatian khusus. Karena ketiak berupa daerah lipatan, aktivitas atau gerakan normal sekalipun dapat menimbulkan iritasi.

Di samping itu, ketiak merupakan area yang tertutup sehingga mudah lembap juga ditumbuhi rambut atau bulu yang agak kasar serta memiliki banyak kelenjar keringat.

“Permasalahan di sekitar area ketiak akibat kondisi tertentu diantaranya iritasi, bau badan, warna ketiak hitam, alergi, infeksi jamur dan bakteri,” ujar dr. Inneke Halim, SpKK, dokter spesialis kulit RS Bethsaida di  momen peluncuran Nivea Deodorant Invisble for Black & White Fresh.

Agar segera teratasi, berikut perawatan tepat untuk mengatasi masalah daerah ketiak sesuai kondisinya masing-masing demi hasil yang optimal.

Iritasi Tanda iritasi ketiak antara lain munculnya bercak atau ruam kemerahan, bisa juga berupa rasa perih atau terkadang gatal tanpa adanya kelainan kulit. Iritasi bisa disebabkan mencabut atau mencukur bulu ketiak, penggunaan alat mandi misalnya spons yang kasar, pakaian yang terlalu ketat yang dapat menggesek kulit ketiak.

“Gunakan sabun yang lembut dan hindari menggosok area ketiak terlalu keras. Berikan obat anti iritasi berdasarkan rekomendasi dokter. Penyebab iritasi harus dicari untuk mencegah permasalahan berulang,” ujar dr. Inneke.

Baca: Perlukah Wanita Mencukur Bulu Ketiak?

Bau badan Disebabkan adanya keringat berlebihan yang bercampur dengan bakteri di daerah ketiak maka memicu bau badan. Perawatan tepat untuk mengatasi masalah daerah ketiak dapat dimulai dengan menggunakan deodoran yang mengandung aluminium, sementara untuk mengurangi koloni bakteri, gunakan sabun atau krim anti bakteri.

“Kurangi makanan yang mencetuskan bau menyengat seperti bawang, kari dan merica,” saran dr. Inneke.

Warna ketiak hitam Hindari atau kurangi frekuensi mencukur atau mencabut bulu ketiak. Kurangi berat badan karena peningkatan indeks massa tubuh menambah gesekan area ketiak sehingga menyebabkan warna hitam. Saran untuk mengatasi masalah ketiak hitam ialah menggunakan deodorant sesuai jenis kulit.

Baca: Guratan Hitam di Ketiak Pertanda Diabetes

Alergi Alergi bisa ditandai dengan adanya bercak dan ruam kemerahan yang terasa gatal. Pemicu utamanya ialah parfum, sabun, bahan pengawet di dalam produk skin care atau deterjen.