Enam Pendaki Gunung Tewas Terbakar, Ini Cerita Seorang Korban yang Selamat

By nova.id, Senin, 19 Oktober 2015 | 03:12 WIB
Pendaki di Gunung Lawu yang berhasil dievakuasi (nova.id)

Belasan pendaki Gunung Lawu terbakar, enam orang di antaranya dinyatakan tewas. Kebakaran terjadi karena perapian pendaki gunung yang ditinggal begitu saja dan belum dipadamkan.

"Hasil penyisiran sementara sampai dengan saat ini diperoleh informasi korban kebakaran hutan yang terjadi di antara Pos 3 dan Pos 4 adalah delapan orang dengan rincian enam orang meninggal, dua orang dalam kondisi kritis," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataan, Minggu (18/10/2015).

Para korban yang berhasil dievakuasi langsung dilarikan ke RSUD dr Sayidiman, Magetan, Jawa Timur.

Jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan sebenarnya sudah ditutup polisi dan Perhutani sejak Jumat (16/10/2015). Tapi sejumlah pendaki tetap nekat lewat jalur Cemoro Kandang, Karanganyar.

Dita Kurniawan salah seorang korban mengaku berangkat mendaki Sabtu (17/10/2015) sekitar pukul 18.00 WIB, lewat jalur pendakian Cemoro Kandang.

"Saya berangkat bersama 12 teman sekolah dari SMK Yoso Negoro, Magetan. Saya tidak tahu lagi teman lain lari kemana," kata Dita, warga Desa Jejeruk, Kecamatan/Kabupaten Magetan yang mengalami luka bakar ringan.

Baca juga: Gadis Pendaki Gunung Itu Menghembuskan Napas Terakhir di Tempat yang Disukainya

Dia mengaku tidak tahu lagi teman-temannya lari dan sembunyi dari kejaran api yang membakar hutan Gunung Lawu itu.

"Api itu seperti mengejar kami, sehingga kami pisah menyelamatkan diri, ada yang meloncat ke jurang ada yang naik pohon, saya sembunyi di lubang bekas batu, sehingga bisa menghindari api, tapi saya masih terbakar meski tidak separah teman-teman yang saya lihat," kata Dita yang menderita luka bakar di leher dan sebagian tangannya ini.

Menurut Dita Kurniawan, 11 teman dari SMK Yoso Negoro itu, yaitu Alfian, Fredi, Mujib, Bebi, Fajar, Febria, Ahmad Safi'i dan tiga anak teman Alfian dan Bebi yang belum dikenal Dita Kurniawan.

"Saya tidak tahu semua teman saya kemana, saya sempat melihat ada yang terbakar lima orang di dalam hutan antara Pos 3 dan 4. Tapi pastinya yang terbakar berapa dan selamat berapa saya tidak tahu," katanya.

Sementara Nur Dwi Kuncoro, korban selamat lainnya yang mendaki bersama tiga temannya juga belum tahu bagaimana nasib ketiga temannya itu.