Tidur yang Cukup Bikin Hidup Lebih Sukses, Lo!

By nova.id, Rabu, 21 Oktober 2015 | 03:15 WIB
Manfaat tidur yang cukup mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam hidup. (nova.id)

Terlepas pengaruhnya dengan kesehatan tubuh, tidur seringkali dikaitkan dengan kesuksesan orang. Ada yang beranggapan bahwa orang sukses yang cenderung kreatif dan pemikir memiliki waktu tidur yang kurang.

National Sleep Foundation pun menyatakan jika saran waktu tidur minimal orang dewasa ialah sekitar tujuh jam. Tapi, banyak kisah-kisah orang sukses yang memiliki waktu tidur lebih singkat. Tapi, benarkah dengan mengurangi waktu tidur dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang?

Secara realita, mengurangi waktu tidur memang bisa membuat kita melakukan lebih banyak hal saat terjaga, namun tidak semua orang dapat bekerja dengan baik saat memiliki waktu tidur yang kurang. Tak heran, tidur yang cukup pun ternyata bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Baca: Jangan Salah Kaprah, Inilah Jumlah Waktu Tidur yang Dibutuhkan

Apa saja manfaat tidur cukup yang bikin hidup lebih sukses?

Tidur meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat Salah satu hal penting meraih kesuksesan ialah dengan mempelajari hal-hal baru. Nah, menurut situs Harvard Healthy Sleep, kurang tidur menyebabkan kurangnya perhatian dan motivasi sehingga membuat kita sulit menyerap informasi baru. Selain itu, tidur juga berfungsi untuk menyimpan memori baru. Makanya, manfaat tidur cukup mempengaruhi kesuksesan, setuju, kan?

Tidur meningkatkan kreativitas Beberapa orang mungkin mendapatkan ide-ide kreatif saat kurang tidur, namun sebenarnya, kelelahan dan rasa kantuk mengurangi kemampuan otak untuk menemukan solusi. Tidur meningkatkan kemampuan seseorang sebanyak 33% dalam membentuk hubungan antara dua ide.

Baca: Berapa Lama Idealnya Anda Tidur Siang?

Tidur mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan Saat kurang tidur, kemampuan seseorang untuk mengingat, membuat keputusan dan bereaksi akan berkurang. Jika ketiga hal itu disatukan, maka kemungkinan besar ia akan berbuat kesalahan. Salah satu stidu di perusahaan penerbangan menyebutkan dalam laporan FAA bahwa kelelahan menjadi sebab 88% kesalahan prosedur. Sementara di studi NASA, tidur selama empat puluh menit dapat meningkatkan performa pilot. Terbukti, kan, jika manfaat tidur cukup mempengaruhi kesuksesan?

Tidur mengurangi risiko kecelakaan National Highway Traffic Safety Administration memperkirakan sekitar seratus ribu kecelakaan lalu lintas pertahun disebabkan oleh menyetir saat ngantuk.

Baca: Agar Berat Badan Turun, Kudap Makanan Ini Sebelum Tidur

Tidur dan sistem imun Saat kurang tidur, imun sistem tidak berfungsi secara optimal dan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit seperti flu.